Wisata Pantai di Jawa Timur Paling Populer

Wisata Pantai di Jawa Timur – Wisata Pantai memang tidak kenal habisnya selalu memberikan pemandangan yang indah. Untuk Wilayah Jawa Timur kita banyak mengenal Pantai yang paling top atau populer bagi wisatawan. Jawa Timur yang memiliki banyak pantai khususnya pantai selatan yang memiliki ombak yang tinggi dan panorama bebatuan juga pasir yang indah, sepanjang pantai selatan selalu di kunjungi oleh wisatawan pada waktu hari libur khususnya.

Mari kita lihat pantai yang paling populer di Jawa Timur yang banyak orang kunjungi.

1. Pantai Plengkung, Banyuwangi

pantai plengkung banyuwangiKeindahan pantai plengkung di Banyuwangi sudah tidak diragukan lagi sehingga banyak wisatawan datang kesana ketika waktu libur. Pantai Plengkung Banyuwangi memiliki julukan G-Land. Karena berada di Pantai Selatan yang betatapan langsung dengan Samudera Hindia Pantai Plengkung memiliki ombak yang besar sehingga membuat orang yang suka berselancar akan menjadikan tantangan yang menarik. Banyak wisatawan mancanegara datang ke pantai ini untuk menaklukkan ombak yang besar tersebut. Pantai Plengkung dijuluki “The Seven Giant Waves Wonder” oleh peselancar asing karena memiliki 7 gulungan ombak hingga 6 meter tingginya. Pantai ini termasuk bagian dari Taman Nasional, untuk berlibur ke sini kita dikenai biaya Rp.4.000,-

banyuwangi_mapBerikut ini adalah Map Kota Banyuwangi dan disitu kita bisa melihat dimana posisi Pantai Plengkung.

Saran atau Tips Untuk ke Pantai Plengkung Banyuwangi

  • Bulan Maret-Oktober adalah saat yang tepat untuk mengunjungi G-Land karena ombaknya yang besar dan cocok untuk kegiatan surfing, snorkling maupun diving.
  • Usahakan membawa sendal gunung karena G-Land Back To Nature
  • Bawalah sunblock, sunscreen, lotion anti nyamuk, dan topi, juga kaos yang nyaman untuk cuaca pantai.

Bagi yang suka surfing dimanapun tempatnya pasti akan di kunjungi. Selamat datang

2. Pantai Balekambang, Malang

pantai-balekambangPantai Balekambang terletak di Dusun Sumber Jambe,  Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai yang memiliki pasir putih yang panjang ini merupakan tempat yang sangat bagus untuk rekreasi, setiap hari libur pasti penuh sesak dengan wisatawan, Pesona laut selatan dengan ombak yang besar juga ada pura di tengah pulau yang dihubungkan dengan jembatan ini sangat cantik sehingga banyak orang mengabadikan pantai yang indah ini. Untuk ke sana kita menempuh perjalanan 90 menit dari pusat kota malang kearah selatan atau sekitar 65 km. Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah Pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang. Pada bulan Suro, pantai Balekambang akan lebih ramai dari biasanya karena akan digelar upacara Surohan dan upacara Jalanidha Puja.

map pantai balekambangPerjalanan yang jauh tidak akan terasa bila kita sudah berada di Pantai, bahkan banyak wisatawan yang rela menginap di pantai untuk menikmati pada suasana disaat malam hari. Fasilitas yang disediakan misalnya, tempat menginap, warung warung makan, toilet.

Akses yang bisa kita tempuh untuk ke Pantai Balekambang

  • Jalur 1 : Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Bantur – Balekambang
  • Jalur 2 : Terminal Arjosari – Turen – Gondang legi – Bantur – Balekambang

3. Pantai Pasir Putih, Bondowoso

pantai pasir putih bondowosoSesuai dengan namanya Pantai Pasir Putih memiliki pasir yang panjang dan berwarna putih. Pasir Putih merupakan salah satu tujuan wisata  pantai andalan bagi Provinsi Jawa Timur. Hal ini karena letaknya yang  strategis, yaitu di pinggiran jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Wisatawan yang  ingin menuju ke Bali (dari Surabaya), atau menuju Gunung Bromo (dari Banyuwangi),  biasanya mampir untuk beristirahat dan menyaksikan keindahan panorama yang  disuguhkan, terutama menikmati eloknya matahari terbenam (sunset). Pada bulan Oktober para nelayan  biasanya mengadakan upacara Petik Laut, yaitu melarung makanan, jajanan, dan  kepala lembu ke tengah laut sebagai upaya memohon berkah hasil laut dari Tuhan.

situbondo-mapUntuk ke pantai ini Jalur yang kita tempuh terbilang mudah  karena posisinya di pinggir jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Arena wisata  pantai ini berjarak + 174 km dari Surabaya atau sekitar 4 jam perjalanan menggunakan bus (angkutan umum) dari terminal Bungurasih, Surabaya. Dari arah Situbondo,  Pasir Putih berjarak + 21 km atau setengah jam perjalanan dari Kota  Situbondo. Dari Ibu Kota Kabupaten ini, perjalanan menuju Pasir Putih dapat ditempuh dengan angkutan umum sepert bus dan minibus.

4. Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu, Malang

pantai sendang biru malang
pantai sendang biru malang

Pantai Sendang Biru adalah pantai yang sudah terkenal di Malang yaitu Pantai tempat para nelayan mencari ikan atau TPI. Sehingga tidak heran bila disana banyak perayu para nelayan yang banyak. Pantai Sendang Biru terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini juga berhadapan dengan Pulau Sempu yang merupakan Taman Nasional yang dilindungi. Untuk ke Pulau Sempu kita harus menuju ke Pantai Sendang Biru dahulu dan kemudian menggunakan perahu untuk menyeberang ke Pulau. Yang ingin mendapatkan ikan secara mudah ketika pulang Pantai Sendang Biru menjadi pilihan yang tepat

Pulau-Sempu
Pulau Sempu

Untuk Pulau Sempu merupakan Pulau yang masih alami dan dilindungi sehingga tidak ada rumah penduduk yang ada disana, sehingga kita harus berhati hati ketika menuju pantai yang indah seperi di film The Beach, perjalanan yang panjang dan berjalan kaki akan terasa hilang bila sudah menemukan pantai yang alami dan indah ini. Untuk kesana kita harus membawa perlengkapan yang lengkap, seperti tenda, makanan, minuman dan peralatan pendukung lain. Bila tidak membawa perlengkapan yang lengkap kita akan susah sendiri karena tidak ada rumah penduduk hanya kita sendiri. Untuk menyeberang ke Pulau sempu kita di kenakan Biaya sekitar Rp.100.000-Rp.150.000 itu rombongan. Dijamin puas walaupun kita harus melakukan perjalan yang berat

malang-regency-map2Bila kita bingung dengan Map ini akan lebih mudah untuk akses ke Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu. Selain itu, di Sendangbiru Anda bisa berenang, memancing dan berperahu. Di sini sudah disediakan area parkir, toilet, mushola, shelter, menara pandang, pusat informasi, dan warung-warung makan. Pada saat hari-hari Syawalan, yaitu sekitar tanggal 7-8 Syawal, banyak yang berperahu ke Pulau Sempu untuk mengambil air dari sebuah mata air tawar yang dipercaya bisa untuk kesehatan dan kesembuhan. Sedangkan setiap tahun, tepatnya pada 27 September penduduk setempat menyelenggarakan acara petik laut (sedekah laut)

5. Pantai Klayar, Pacitan

pantai Klayar pacitanPantai Klayar .Tepatnya berada di desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan dan berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Keindahan Pantai Klayar karena pantainya masih alami dan dikelilingi oleh batu batuan yang tinggi. Pantai ini belum begitu terkenal karena akses menuju kesana yang sangat susah, walaupun begitu Mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono pernah mengunjungi pantai ini bersama dengan keluarganya. Karena pantai ini termasuk dari kumpulan pantai selatan maka memiliki ombak yang besar dan dilarang pengunjung untuk berenang. Keindahan pantai ini bisa diabadikan dan tidak kalah dengan pantai yang ada di luar negeri. Untuk menuju pantai ini kita menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua atau roda empat selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Bila menggunakan angkutan umum kita hanya bisa mendapatkannya pada waktu pagi hari bersama dengan masyarakat yang pergi ke pasar. Bila bersama dengan masyarakat kita bisa naik Andongan yaitu berupa mobil bak terbuka yang berisi 20 orang yang mengangkut barang dagangan ke pasar itu ada pada hari tertentu sesuai dengan hari pasaran jawa ( Wage, Legi, Pahing, Kliwon ), selain itu kita juga bisa naik ojek yang sudah tersedia atau naik Mobil matuk yang merupakan alat transportasi untuk mengantar pulang pergi ke pasari pada setiap harinya.

pantai Klayar pacitan mapKarena masih alami maka pantai klayar belum masuk kedalam map, tetapi semakin terkenalnya pantai ini maka lambat laun akan dibuat akses yang bagus sehingga memudahkan bagi masyarakat untuk mengunjungi Pantai yang indah ini.

Demikian informasi tentang Pantai yang terkenal di Jawa Timur yang bisa kita kunjungi, semoga akan memberikan kita kepuasan dalam hati dan terus terjaga dalam pelestariannya.