Trik Hidup di Jakarta Dengan Uang 2 Juta Rupiah

Jakarta merupakan kota sejuta impian, jadi tak heran jika orang-orang berlomba-lomba ingin tinggal di Jakarta. Banyak sekali peluang mencapai kesuksesan di Jakarta, baik dari segi bisnis, entertainment, maupun eksistensi politik di Jakarta. Dikenal sebagai kota megapolitan, Jakarta mencerminkan kawasan yang sangat high-class. Namun benarkah biaya hidup di Jakarta itu mahal? Jika menilik Upah Minimum Regional (UMR) kota Jakarta yang jumlahnya yaitu 3.9 juta rupiah, rasa-rasanya mayoritas orang Jakarta mesti berhemat setiap bulannya. Jadi masalah biaya hidup di Jakarta, itu benar-benar tergantung individunya. Berikut ini kami akan berbagai beberapa trik hidup di Jakarta dengan uang 2 juta rupiah.

Tak Perlu Tempat Tinggal yang Mahal

Jika kamu sedang merantau dan kebetulan punya banyak job di Jakarta, sebaiknya cari tempat tinggal yang harganya murah meriah. Tentunya kamu tidak akan tinggal 24 jam di tempat penginapan, jadi sebaiknya gunakan tempat tinggal hanya sebagai tempat tidur saja. Dari pagi hingga petang hari, kamu berada di kantor, dan malam harinya kamu bisa jalan-jalan atau makan di beberapa sudut kota Jakarta. Pilihlah tempat kost yang harganya murah meriah, kalau bisa cari tempat kost yang harga bulanannya tidak lebih dari 500 ribu rupiah. Hindari menyewa apartemen karena harganya bisa menguras seluruh budget bulanan kamu.

Masak Sendiri di Rumah

Jika kamu cuma budget 2 juta saja dalam sebulan, maka hindari makan di luar, seperti kafe atau restoran. Membeli makanan di pedagang kaki lima memang bisa menjadi pilihan, namun apakah kamu sudah yakin dengan kebersihannya? Nah untuk menghemat budget, sebaiknya kamu masak sendiri di rumah. Dengan modal 50 ribu rupiah, kamu bisa membeli berbagai berbagai bahan masakan yang bisa digunakan untuk 3-5 hari konsumsi. Jadi dalam sebulan, biaya makan yang kamu keluarkan hanya 500 ribu rupiah saja. Jangan lupa, belilah berbagai bahan masakan di pasar tradisional, hindari shopping bahan-bahan masakan di supermarket.

Pilihlah Moda Transportasi yang Tepat

Untuk berangkat dan pulang kerja, tentunya kamu membutuhkan moda transportasi. Di Jakarta ada banyak sekali moda transportasi yang bisa kamu pilih. Namun jika budget bulananmu hanya 2 juta rupiah, maka hindari menggunakan transportasi online karena harganya bakalan menguras kantong. Opsi terbaik tentunya dengan menggunakan busway. O ya Jakarta juga punya layanan OK-Trip dimana kamu bisa menggunakan berbagai moda transportasi umum dengan total biaya hanya 5000 rupiah saja. Atau jika kamu punya kenalan di kantor, kamu bisa sekalian nebeng, sehingga kamu tak keluar biaya transportasi sama sekali. Hindari menggunakan kendaraan pribadi, karena kamu bakalan keluar biaya yang lumayan banyak dan pastinya bakalan terjebak macet!

Belanja Online

Jakarta merupakan kota dengan tingkat kemacetan yang sangat tinggi. Kamu bisa saja shopping ke mall atau supermarket, namun kamu mesti keluar biaya tambahan yang lumayan banyak seperti parkir, makan/minum, transportasi, tiket, dan lainnya. Agar lebih hemat, sebaiknya belanja online saja. Lazada Indonesia merupakan marketplace yang wajib kamu singgahi ketika shopping via online. Kamu bisa mendapatka promo cashback Lazada Indonesia ini di beberapa situs cashback atau kamu ‘pun bisa menemukannya lewat situs Lazada. Namanya cashback, maka setelah belanja produk tertentu, uangmu akan kembali dalam presentase tertentu. Jangan sampai kamu melewatkan promo cashback dari Lazada ya!

Travelling ke Tempat Wisata Gratisan

Ketika tinggal di Jakarta, jangan sampai kamu ‘kurang piknik’ karena kamu pasti akan terserang stres kronis. Namun jika budget-mu hanya 2 juta rupiah, sebaiknya kunjungi tempat-tempat wisata gratisan yang tidak membutuhkan biaya sama sekali. Beberapa destinasi wisata yang tidak membutuhkan biaya yaitu kawasan Kota Tua, Taman Proklamator, Monas, dan Taman Ayodya. Hindari mengunjungi tempat-tempat wisata yang membutuhkan biaya masuk, apalagi yang didalamnya terdapat wahana-wahana.

Tinggal di Jakarta sebenarnya tidak terlalu mengharuskanmu untuk hidup glamour. Dengan budget 2 juta rupiah, kamu bisa hidup nyaman dan aman di Jakarta asalkan kamu merealisasikan beberapa tips diatas.