Tips Cara Mengobati Diare Secara Alami

Tips Cara Mengobati Diare Secara Alami

Tips Cara Mengobati Diare Secara Alami – Diare biasanya dipicu oleh faktor makanan terutama pada pola makan yang buruk. Misalnya saat anda salah makan atau terlalu banyak memakan makanan pedas dan asam mampu mempengaruhi feses yang dikeluarkan nantinya dengan konsistensi semakin lembek atau encer. Nah, hal tersebut yang dinamakan diare dimana buang air besar (BAB) berlangsung secara terus menerus.

Tips Cara Mengobati Diare Secara Alami
Tips Cara Mengobati Diare Secara Alami

Apabila anda sudah terkena diare tentu saja segala aktivitas akan terhambat, terlebih rasa sembelit saat hendak mengeluarkan tinja melalui anusnya yang  sangat amat menyiksa diri. Diare diidentikan dengan seseorang yang bolak-balik ke kamar mandi. Karena itulah, anda harus menghentikannya bukan? Berikut tips untuk anda yang sedang mengalami masalah diare secara alami supaya bakteri, virus, dan jamur seketika dapat dimusnahkan.

Tips Cara Mengobati Diare Secara Alami

  1. Larutan Gula Garam

Larutan gula garam dapat membantu anda dalam mengatasi diare. Hal ini dikarenakan larutan tersebut termasuk oralit berguna dalam menggati cairan elektrolit yang hilang. Caranya dengan melarutkan air matang hangat sebanyak 200 ml yang ditambahkan dengan 1/4 sendok teh garam, kemudian 4 sendok teh gula pasir. Aduklah hingga merata dan segeralah diminum selagi hangat.

  1. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memang sudah dipercaya dalam pengobatan diare secara alami. Untuk itu, apa salahnya anda mencoba meracik sendiri bahan-bahan obat diare ini.  Siapkan 6 lembar daun biji muda dan air matang cukup 1 gelas saja. Caranya cukup mudah, yakni dengan menghaluskan daun jambu biji tadi, namun sebelumnya harus dicuci terlebih dahulu. Barulah anda menambahkannya dengan 1 gelas air matang. Kemudian, diperas dari sebuah ramuan tersebut. Jangan lupa untuk meminumnya hingga diare berhenti.

  1. Jambu Klutuk

Selain daun jambu biji, ternyata jambu klutuk juga berkhasiat dalam menangani masalah diare. Bagaimana caranya? Anda cukup menyiapkan bahan utama berupa pupus daun jambu klutuk yang masih muda dengan 3 pupu. Kemudian ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya seperti garam dan air masak sebanyak 2 sdm. Caranya cucilah pupus jambu hingga bersih dan haluskan setelahnya. Tambahkan garam secukupnya beserta 2 sdm air matang. Setelah itu, anda bisa meminumnya saat diare terjadi dan cukup 1 sdm saja.

  1. Buah Sawo

Sawo matang juga mampu meredakan sakit diare pada tubuh anda. Langkah pertama dengan menyiapkan 1 biji buah sawo matang yang masih terlihat muda. Berikutnya ada garam dan air matang secukupnya saja. Tahap selanjutnya mencuci buah sawo dan haluskan. Garam yang telah disiapkan ditambahkan sedikit saja bersama air matang ke dalam adonan buah sawo tadi. Aduklah hingga bahan tercampur dan disaring hingga bersih. Setelahnya anda bisa meminum ramuan tersebut sampai diare sembuh.

  1. Kurangi Makanan Berserat

Tips terakhir supaya diare anda segera berhenti dengan sendirinya, yakni dengan mengurangi atau menghindari makanan yang banyak mengandung serat. Misalnya sayuran berserat tinggi seperti brokoli, kol, serta kacang-kacangan. Kemudian, untuk buah hindari mengonsumsi buah jeruk yang kaya akan serat. Satu lagi makanan agar-agar meski lembek, namun memiliki serat yang cukup tinggi.

Gimana, tips cara mengobati diare secara alami yang telah disebutkan tadi? Sebaiknya anda memperbanyak minum air putih, karena mampu mengganti cairan yang hilang saat diare terjadi sekaligus dapat terhindar dari dehidrasi berlebih, Baca Juga Obat Alami Pembasmi Kutu Rambut Yang Ampuh