Tempat Wisata Pantai di Jogja

5 Tempat Wisata Pantai di Jogja yang Eksotis dan Masih Terjaga Keindahannya

Berlibur di kota gudeg rasanya tidaklah lengkap jika belum mengunjungi beberapa tempat wisata di Jogja. Kota gudeg ini memang tidak hanya dikenal sebagai kota dengan obyek wisata alam dan wisata sejarah saja.

Kota Jogja ini juga dikenal sebagai kota yang memiliki cukup banyak obyek wisata pantai. Bagi anda yang sedang atau akan berlibur di Jogja, pastikan untuk berkunjung ke beberapa obyek wisata pantai di Jogja berikut ini:

1. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong
Pantai Ngandong, Gunung Kidul, Jjogjakarta. [Foto: wisataterbaru.com]

Jika anda berkunjung ke kota jogja, jangan lupa untuk pergi ke salah satu obyek wisata pantai di Jogja ini. Pantai Ngandong memang belum terlalu populer di kalangan traveler. Namun sebenarnya, pantai satu ini sangatlah indah. Air laut di pantai ini masih sangat jernih. Anda bahkan bisa melihat ikan-ikan yang ada di dekat dengan pantai secara langsung.

Tak hanya itu, pasir pantai Ngandong juga masih sangat putih. Masih belum ada sampah yang tersebar di obyek wisata pantai ini. Lokasi dari pantai Ngandong ini berada di kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di dekat pantai Sundak yang sudah cukup terkenal.

2. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
Foto: Look Jogja

Anda penggemar skin dive atau snorkeling? Well, jika anda suka dengan snorkeling, ada obyek wisata pantai di Jogja yang sangat tepat untuk kegiatan snorkeling. Pantai Nglambor adalah pantai di Jogja yang memiliki air yang sangat jernih.

Selain jernih, pantai ini juga cukup tenang untuk melakukan snorkeling. Yang lebih menarik lagi, lokasi pantai Nglambor ini diapit oleh pantai Siung dan juga pantai Jogan. Karena diapit oleh 2 pantai, maka pantai Nglambor ini terkesan lebih steril.

3. Pantai Sundak

Pantai Sundak
Foto: titik0jogja.blogspot.com

Pantai Sundak juga termasuk salah satu dari obyek wisata pantai di Jogja yang wajib anda kunjungi. Hampir sama dengan pantai lainnya, pantai Sundak ini juga memiliki pasir putih yang masih sangat bersih. Air lautnyapun masih sangat jernih dan hangat. Pantai ini masih belum begitu populer sehingga cukup sepi dari pengunjung.

Yang menarik dari pantai Sundak adalah kisah dari pemilihan namanya. Dipercaya dulunya terjadi perkelahian antara anjing dan landak di pantai tersebut. Karena itu, pantai tersebut diberi nama Sundak (Asu Landak).

4. Pantai Siung

Pantai Siung
Foto: AnekaTempatWisata.com

3 obyek wisata pantai di Jogja sebelumnya memang hanya menyajikan pasir pantai dan air laut yang bersih saja. Sedikit berbeda dengan obyek wisata pantai di Jogja yang keempat ini. Pantai Siung tidak hanya menarik karena pasir putihnya atau air lautnya yang jernih. Pantai satu ini memiliki daya tarik dari tebing-tebingnya. Karena pantai ini lebih bertebing, maka pantai ini juga seringkali digunakan sebagai tempat untuk panjat tebing skala internasional.

Ada beberapa macam tingkat kesulitan memanjat tebing yang tersedia di pantai Siung ini. Jika berhasil memanjat tebing-tebing curamnya, anda bisa menikmati pemandangan Samudra Hindia secara leluasa. Namun jangan khawatir jika anda tidak bisa memanjat tebing, anda tetap bisa menikmati keindahan pantai Siung dari bawah.

5. Pantai Krakal

Pantai Krakal
Foto: pegipegi.com

Jika pantai Siung adalah obyek wisata pantai di Jogja untuk para pemanjat tebing, maka pantai Krakal adalah untuk para pecinta surfing. Anda sudah tidak perlu lagi pergi jauh-jauh keluar pulau Jawa hanya untuk surfing. Anda bisa surfing sepuasnya di pantai Krakal ini. Ombak di pantai Krakal Yogyakarta ini cukup menantang untuk ditaklukkan.

Bukan hanya ombaknya saja yang menantang, pantai Krakal ini juga kaya akan biota laut. Jika air laut sudah menyurut, anda bisa melihat langsung biota-biota laut yang ada di pantai ini.

Bagaimana? Masih mau pergi keluar pulau Jawa hanya untuk menikmati wisata pantai? Coba dulu kunjungi obyek wisata pantai di Jogja tersebut.