Tempat Wisata Lombok Paling Menawan

Tempat Wisata Lombok Paling Menawan

Tempat Wisata Lombok Paling Menawan – Lombok merupakan daerah yang menjadi tujuan wisata yang bagus setelah Bali, karena posisinya yang berdekatan sehingga pesona alam tidak jauh beda, yang pasti menakjubkan dan banyak orang berbondong bondong untuk datang kesana.

Lombok terkenal dengan Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi ke 3 se Indonesia. Gunung berani ini memiliki tinggi kurang lebih 3.726 meter di atas permukaan laut. Reputasi Lombok sudah terkenal sampai Mancanegara dan terus bersaing dengan Pulau Bali. Mari kita lihat Tempat Wisata Lombok yang paling Menawan.

Inilah 5 Tempat Wisata Lombok Yang Paling Menawan

1. Gunung Rinjani

gunung rinjani
Gunung Rinjani, Tempat Wisata di Lombok

Seperti yang disampaikan diatas Gunung Rinjani memiliki Pesona yang sangat cantik karena di kelilingi oleh Danau Segara Anak yang bersih dah bagus. Gunung Rinjani dijadikan Taman Nasional sehingga ekosistemnya di lindungi oleh Pemerintah Indonesia di jaga juga dilestarikan semua isinya. Taman Nasional ini memiliki luas sekitar 40 ribu hektar dan berada di ketinggian 3,726 meter dpl. Ada mitos yang beredar bila kita berada disana dan melihat Danau Segara Anak terlihat luas maka umur kita masih panjang, dan sebaiknya bila terlihat sempit maka usia orang tersebut pendek. Bila ingin melihat Danau Segara Anak kita harus memiliki jiwa yang bersih dan tenang.

Baca juga : 5 Tempat Wisata di Kediri Paling Terkenal

2. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi, Tempat Wisata Lombok

Pantai Senggigi pantai yang panjang dan indah di kelilingi oleh tanaman pohon kelapa sehingga membuat pantai menjadi rindang. Pantai ini adalah salah satu pantai tujuan para pengunjung baik dari lombok sendiri atau dari luar lombok. Kamu bisa bermain air di pantai bersama teman teman karena pantai ini tidak memiliki ombak yang besar. Letak Pantai Senggigi yaitu berada di wilayah Lombok Barat, tepatnya 8 Km dari Bandara Selaparang Mataram. Sebelum mencoba kesana sendiri maka kita tidak bisa menikmati keindahannya.

3. Pantai Tanjung Aan

tanjung-aan-beach
Tanjung Aan Beach

Pantai yang bersih ini memiliki nuansa yang indah sekali dengan air yang jernih sehingga kita bisa mengabadikan pantai dengan senang. Untuk ke pantai ini sangatlah mudah karena kita bisa melalu jalanan aspal yang bagus sehingga membuat kita cepat sampai. Dengan menempuh 1.5 jam dari Kota Lombok

Untuk sampai di Pantai Tanjung Aan ini, Anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram. Yang memiliki hobi snorkling atau berenang pantai ini sangatlah cocok karena dangkal dan bersih. Pada bulan Februari Pantai ini sesak dengan pengunjung baik dari domestik atau mancanegara Karena pada bulan tersebut ada even spesial yaitu Ritual Bau Nyale. Ritual ini berhubungan dengan mitos masyarakat setempat tentang Puteri Mandalika, dimana puteri tersebut melompat dari bukit untuk menghindari kejaran seorang pangeran yang ingin mempersuntingnya. Selanjutnya mitos mengatakan bahwa Puteri Mandalika bereinkarnasi menjadi “Nyale”, atau cacing laut. setelah “perburuan”, Nyale akan dijadikan bahan beberapa jenis masakan lokal.

“Nyale” sendiri adalah sebutan masyarakat setempat untuk jenis cacing laut yang muncul pada waktu tertentu  di Pantai Tanjung Aan dan beberapa tempat lainnya di Indonesia (Sumbawa, Maluku, dan terutama di Lombok). Setidaknya ada 4 spesies Nyale dari Famili Eunicidae, yaitu Eunice siciliensis, Eunice viridis, Licydice collaris,  dan juga 1 spesies dari Nyale Famili Nereidae yaitu Dendronereides  heteropoda. *)

Baca juga : Tempat Wisata di Jawa Barat Yang Perlu Dikunjungi

4. Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan

Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan
Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan

Memiliki julukan 3 pulau eksotis dan menjadi andalan Lombok untuk mendatangkan pengunjung baik dari domestik maupun Mancanegara. Setiap pulau memiliki karateristik sendiri sendiri sehingga itu yang menjadi daya tariknya. Untuk Gili Trawangan memiliki air yang jernih, terumbu karang, banyak ikan hias yang di kelola tidak lupa pasir yang putih bersih. Yang ingin membuat kulit anda coklat di Gili Trawangan sangat cocok sambil menikmati keindahan pantai juga bisa berenang. Dari ketiga gili di Gili Trawangan banyak diberikan fasilitas seperti penginapan, hotel, diskotik, tempat ibadah juga persewaan alat alat untuk beraktifitas di laut. Bila ingin menuju kesana kita membutuhkan waktu 30 menit dari daratan pulau lombok, Gili Trawangan merupakan pulau paling ujung dan sering digelar pesta pantai dan musik sehingga membuat pengunjung senang. Untuk Gili Meno merupakan tempat yang cocok bila kita ingin mendinginkan pikiran dan menikmati keterangan karena tempatnya yang suci, posisinya berada di tengah dari ketiga gili. Yang terakhir adalah Gili Air dan merupakan pulau paling dekat dengan daratan lombok. Banyak penduduk lokal yang memanfaatkan gili ini untuk mendapatkan rejeki, dan cocok untuk keluarga bersama anak anaknya.

5. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok

Ternyata Pantai Kuta itu bukan hanya di Pulau Bali aja di Lombok juga ada nama Pantai Kuta Lombok. Tidak jauh beda dengan Pantai Kuta Bali yang memiliki panorama pantai yang indah dengan pasir yang bersih juga air yang jernih. Pantai Kuta, Lombok adalah tempat wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini. Ini adalah upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang dan cantik kemudian menjadi cacing Nyale tersebut.

Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan kita tentang Tempat Wisata Yang Nyaman di Pulau Lombok, sehingga bila kita singgah nanti sudah tahu arah kemana kita mau berkunjung.

Save

Save