5 Tempat Wisata di Bulukumba Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Bulukumba

Tempat Wisata di Bulukumba – Bulukumba salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan dengan luas sekitar 1.154,67 Km Km persegi. Meski lumayan jauh dari kota Makassar, tapi Bulukumba kaya akan potensi wisata, baik wisata alam maupun wisata baharinya.  Kabupaten ini juga dikenal dengan perahu phinisinya hingga dijuluki “Butta panrita lopi” yang terjemahannya berarti “Tanah Ahli Perahu”.

Destinasi Wisata Bulukumba yang eksotis dan keren membuat banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik domestik maupun wisatawan manca negara. Bahkan beberapa tempat wisata di Bulukumba pernah menjadi set pembuatan film, reality show dan acara Tv nasional lainnya seperti film badik titipan ayah, film pamali makan ikan pari, acara jejak petualang, si Bolang, jalan jalan men, my trip my adventure, mancing mania, dan masih banyak lagi program industri hiburan tanah air yang menggunakan kawasan bahari Bulukumba sebagai set pembuatan acara.

Ada banyak tempat wisata di Bulukumba yang Indah dan eksotis, namun disini kami hanya akan memilih 5 destinasi wisata, karena ke 5 destinasi ini merupakan destinasi yang paling keren menurut kami, yuk kita lihat satu satu.

5 Destinasi Wisata di Bulukumba Yang Wajib Anda Kunjungi

1.  Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira

Tanjung Bira letaknya sekitar 40 km dari Kota Bulukumba, Tanjung ini di kenal dengan pantai pasir putihnya serta airnya yang sangat jernih menjadikan pantai ini sangat cocok untuk dijadikan destiasi wisata keluarga, ataupun dengan pasangan. Ada berbagai macam aktivitas yang bisa anda lakukan ketika berkunjung disini seperti berenang, berjemur hingga bermain bola atau voli pantai pun bisa. Bisa juga dengan sekedar menikmati matahari terbenam saat senja datang.

Disekitaran kawasan tanjung bira ini juga di siapkan berbagai fasilitas seperti restoran, penginapan, villa, bungalow, dan hotel dengan tarif yang murah, mulai dari Rp 150 ribu hingga jutaan per hari.  Selain itu, Tanjung Bira juga dilengkapi dengan persewaan perlengkapan snorkeling dan diving bagi mereka yang ingin menikmati pesona alam bawah laut.

Baca juga : 5 Tempat Wisata Paling Menarik di Pacitan

2. Pantai Apparalang
Pantai Apparalang
Pantai Apparalang

Pantai Apparalang ini sangat berbeda dengan pantai-pantainnya, karena pantai ini dikelilingi dengan tebing. Terlihat dari atas tebing, pantai ini menyungguhkan keidahan yang eksotis dan memancarkan pesonanya dengan warna air lautnya yang biru kehijauan yang bisa membuat para pengunjung merasa takjub.

Jika anda suka cliff jumping? maka pantai apparalang sangat pas buat anda, karena pantai ini selain menawarkan keindahan panorama pantai dan tebing anda juga bisa menikmati sensasi cliff jumping dari ketinggian kurang lebih 12-20 meter.

Pantai Apparalang ini terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.  Untuk sampai di tempat ini anda bisa menempuhnya dengan menggunakan mobil ataupun sepeda motor, menyusuri setapak beton dan rerimbunan pohon jati, tapi setelah anda melewati itu, maka anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan.

3. Pulau Liukang
Pulau Liukang Loe, Tanjung Bira
Pulau Liukang Loe, Tanjung Bira [foto: penemuanterbarucom]

Pulau Liukang ini letaknya tak jauh dari pantai pasir putih bira, cuma di seberangnya, jika anda berkunjung ke tanjung bira anda wajib mampir kesini. Untuk menyeberang kepulau ini anda bisa menggunakan speed boat atau lebih seru lagi jika ramai-ramai naik banana boat. Pulau liukang memiliki penangkaran penyu yang dapat anda nikmati ketika berkunjung, bagi anda yang suka menikmati keindahan laut anda bisa menikmati spot snorkeling dan divingnya.

4. Pulau Kambing
Pulau Kambing
Pulau Kambing

Pulau kambing ini juga tak Jauh dari pulau liukang, pulau ini sangat indah tapi sayang tak berpenghuni dan sangat sulit mendirikan tenda untuk berkemah disini. Meski begitu tetap saja banyak wisatawan yang berkunjung karena pulau ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya dengan coral dan biota laut yang keren-keren semua tersaji disini. Beberapa penyedia jasa speed boat di pasir putih Bira biasanya menawarkan paket untuk ke pulau kambing dan Liukang.

Baca juga : Wisata Gunung Terbaik Di Lamongan Jawa Timur yang Layak Dikunjungi

5. Pantai Ujung
Pantai Ujung
Pantai Ujung

Pantai Ujung tak kalah keren dengan pantai lainnya yang ada di Bulukumba, Pantai ini bisa anda jadikan sebagai salah satu pilihan destinasi wisata diakhir pekan. Meski tak setenar dari Pantai Bira atau Apparalang, tapi kalau masalah eksotisme tak beda jauh. Jika Bira identik dengan pantai berpasir putihnya, maka kondisi Pantai Ujung ini lebih mirip dengan Apparalang yakni hamparan laut dengan tebing di sekelilingnya.

Dipantai ini terdapat semacam pulau kecil di tengah-tengah, yang bisa memanjakan mata para  traveller untuk memandang sekitaran. Dari tempat tersebut traveler bisa melihat langsung jernihnya air, serta kondisi karang beserta biota laut di bawahnya. Tapi sayangnya akses menuju kesini kurang memadai karena jalannya yang bergelombang dan sempit membuat pilihan kendaraan yang masuk sangat kurang, biasanya yang masuk cuma sepeda motor.