Friday, 25 July 2014

Tarian Tradisional Jawa Timur

Tarian Tradisional Jawa Timur – Jawa Timur merupakan wilayah pulau jawa bagian timur yang juga memiliki budaya daerah yang unik. Walaupun sama dalam kepulauan jawa tetapi budaya antara Jawa Barat , Jawa Tengah dan Jawa Timur sangat berbeda. Begitu juga dengan Tarian Tradisional yang telah di wariskan oleh nenek moyang setiap wilayah juga mengalami perbedaan.

Berikut ini berbagai macam Tarian Tradisional dari Jawa Timur yang harus kita lestarikan agar warisan budaya yang diberikan leluhur kita tetap terjaga. tapi sebelum membaca  Tarian Tradisional Jawa Timur, ada baiknya anda juga mengenal Tarian Tradisional Jawa Barat dengan Tarian Tradisional Jawa Tengah yang telah kami share sebelumnya, biar lebih afdol.

Macam-Macam Tarian Tradisional Jawa Timur

Tari Reog Ponorogo

reog ponorogo 300x202 Tarian Tradisional Jawa Timur

tarian reog ponorogo

Tari yang pernah di klaim oleh negara sebelah ini sangat identik dengan masyarakat ponorogo. Tari Reog Ponorogo merupakan tarian yang sangat menguras tenaga karena harus mengangkat sebuah reog yang sangat berat, bila orang biasa tidak akan mampu mengangkatnya harus penari yang profesional dalam tarian ini. Terciptanya Tarian Reog Ponorogo memiliki cerita yang historis  berkisar tentang perjalanan Prabu Kelana Sewandana mencari gadis pujaannya, ditemani prajurit berkuda dan patihnya yang setia, Bujangganong.
Ketika pilihan sang prabu jatuh pada putri Kediri, Dewi Sanggalangit, sang dewi memberi syarat bahwa ia akan menerima cintanya apabila sang prabu bersedia menciptakan sebuah kesenian baru. Maka terciptalah reog ponorogo.

Ada 5 komponen penari dalam tari Reog Ponorogo, yaitu:
1. Prabu Kelono Sewandono
2. Patih Bujangganong
3. Jathil
4. Warok
5. Pembarong

Tari Gandrung Banyuwangi

 Tarian Tradisional Jawa Timur

tari gandrung banyuwangi

Tari Gandung ini berasal dari banyuwangi yang menampilkan seorang penari atau dua orang bahkan untuk event besar bisa menampilkan banyak penari seperti terlihat dari gambar diatas. Tari ini dipentaskan ditempat terbuka dan di tonton oleh banyak masyarakat dengan keunikan setiap penari membawa kipas dan bila kipasnya di sentuhkan kepada penonton maka penonton tersebut di ajak menari. Keindahan tari ini membuat sang penari terlihat gemulai dan banyak orang akan senang melihatnya

Tari Wayang Topeng

tari wayang topeng 201x300 Tarian Tradisional Jawa Timur

tari wayang topeng

Tari ini sekarang masih hidup di daerah malang, keunikan tari wayang ini terlihat dari topengnya dan gerakan tari yang di bawakan oleh sang penari, didaerah jawa timur tari wayang juga berkembang di daerah lain seperti di madura dengan sebutan topeng dalang dengan cerita mahabarata. Didaerah Situbondo tepatnya di Kraksaan dan Panarukan  dikenal dengan nama wayang Kerteh, nama ini disesuaikan dengan nama dalang wayang topeng sekitar tahun 1930 yaitu Kartosuwignyo. Topeng Malangan  memakai celana atau lakon Panji ceritanya antara lain, Sayembara Sedolanang, Umbul-umbul Majapura, Baderbang Sisik Kencana, Panji Laras, Walangwati-walang Semirang, Patah Kundonowa Rongso, Adege Kediri, Jenggala Mbangun Candi, dan masih banyak lagi

Tari Jaranan Buto

tari jaranan buto 300x214 Tarian Tradisional Jawa Timur

tari jaranan buto

Tari yang di fungsikan untuk mengiringi acara kitanan di daerah Blitar dan banyuwangi  jawa timur ini patut disimak karena ada karakter buto yang membuat orang berduyun duyun melihat tarian unik ini. Alat yang digunakan untuk melakukan tarian ini adalah berupa jaran atau kuda lumping dengan model buto.

Tari Kuda Lumping

Tari Kuda Lumping 300x200 Tarian Tradisional Jawa Timur

Tari Kuda Lumping

Tarian ini hampir mirip dengan tarian jaranan buto tetapi dilakukan oleh banyak orang dan merupakan ikon daerah jawa timur, seluruh jawa timur masih banyak menggelar acara kuda lumping ketika ada hajatan atau fertival dan acara besar masyarakat.  Kuda lumping lahir sebagai simbolisasi, bahwa rakyat juga memiliki kemampuan (kedigdayaan), dalam menghadapi musuh ataupun melawan kekuatan elit kerajaan, yang memiliki bala tentara. Selain itu, menghadirkan hiburan yang murah meriah namun fenomenal kepada rakyat banyak.

Demikian Tarian Tradisional Jawa Timur yang masih ada sekarang dan terus dikembangkan karena jaman modern akan menggerus budaya bangsa yang sudah sejak nenek moyang dulu di pelihara. Semua itu kewajiban kita sebagai penerus bangsa

Bisnis Agen Tiket Pesawat !! Modal 500rb
Peluang Usaha Agen Tiket Pesawat Mudah, Fleksibel, Menguntungkan, Komisi besar full NTA, Realtime Bisa daftarakan Sub Agen unlimited, DAFTAR SEGERA..!!!

Related Posts to "Tarian Tradisional Jawa Timur"

Response on "Tarian Tradisional Jawa Timur"