Friday, 22 August 2014

Tarian Tradisional Jawa Tengah

Tarian Tradisional Jawa Tengah -  Negara Indonesia merupakan Negara yang besar dengan budaya yang besar pula, kita sebagai generasi muda harus terus melestarikan budaya Bangsa agar budaya tersebut tidak musnah atau di klaim oleh negara lain.

Tarian Tradisional merupakan salah satu budaya yang harus kita lindungi, untuk melindunginya kita harus mengenal dahulu tarian tersebut, karena Negara kita luas dan banyak Provinsi maka kita harus mengenal satu persatu dan kita awali dari Provinsi Jawa Tengah.

Tarian Tradisional apa saja yang bisa kita ketahui pada provinsi jawa tengah, karena jawa tengah merupakan pusat kerajaan yang besar pada jaman dahulu kala di jawa begitu juga sekarang.

Macam-Macam Tarian Tradisional Jawa Tengah

Tari Serimpi

tari serimpi 300x184 Tarian Tradisional Jawa Tengah

Tari serimpi

Serimpi sama artinya dengan bilangan empat. Kata Srimpi menurut bahasa jawa artinya “impi atau mimpi”. Tarian Serimpi merupakan tarian yang berasal dari Yogyakarta. Tarian ini ditarikan oleh 4 orang putri yang diiringi oleh musik gamelan Jawa. Gerakan tangan dari sang penari yang lambat dan gemulai adalah ciri khas dari tarian Serimpi Yogyakarta. Dari ke 4 putri tersebut, masing-masing melambangkan unsur dunia, yaitu : grama (api), angin (udara), toya (air), dan bumi (tanah). Hal dimaksud melambangkan asal usul terjadinya manusia dan juga melambangkan 4 penjuru mata angin. Pada dasarnya tari Serimpi ini mengambarkan sifat baik dan sifat buruk. Manusia diajarkan untuk selalu berbuat baik sebagai bekal menghadap Sang Pencipta. Dari ke 4 putri tersebut masing-masing mempunyai nama yaitu : Batak, Gulu, Dhada dan Buncit.

Tari Serimpi muncul ketika masa Kerajaan Kerajaan Mataram yang diperintah oleh Sultan Agung (1613-1646) dan tari ini di pentaskan hanya dilingkungan keraton untuk upacara kenegaraan yaitu kenaikan tahta kesultanan, dalam pekermbangannya tari serimpi pecah seiring dengan Kerajaan Mataram terpecah menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Surakarta pada tahun 1775.

Di Kesultanan Yogyakarta, tarian Serimpi digolongkan menjadi 3 yaitu Serimpi Babul Layar, Serimpi Dhempel, Serimpi Genjung. Di Kesultanan Surakarta, tarian Serimpi digolongkan menjadi 2 yaitu Serimpi Anglir Mendung dan Serimpi Bondan.

Macam Macam Tari Serimpi

  • Tari Serimpi Cina ( tari putri klasik di Istana Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, dengan pakaian china )
  • Tari Serimpi Padhelori ( diciptakan oleh Diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana VI dan VII)
  • Tari Serimpi Pistol ( diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana VII)
  • Tari Serimpi Merak Kasimpir (diciptakan oleh  Sultan Hamengku Buwana VII )
  • Tari Serimpi Renggawati (diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana V ) dengan 5 penari
  • Tari Serimpi Pramugari (diciptakan oleh  Sultan Hamengku Buwana VII )
  • Tari Serimpi Sangopati ( diciptakan oleh karya Pakubuwono IV )
  • Tari Serimpi Anglirmendhung ( diciptakan oleh R.T. Warsadiningrat, Anglirmedhung ini digubah oleh K.G.P.A.A.Mangkunagara I.) dengan awalnya 7 penari menjadi 4 penari
  • Tari Serimpi Ludira Madu ( Paku Buwono V ) 4 orang penari

Tari Langen Asmoro

tari langen asmoro 300x225 Tarian Tradisional Jawa Tengah

tari langen asmoro

Tari ini merupakan tari yang menganut gaya Surakarta, yang di ciptakan oleh Sunarno Purwoleleono pada tahun 1993. Tari ini disusun untuk menambah materi tari pasihan gaya surakarta serta guna materi ujian Hartoyo Di Taman Budaya Surakarta. Tari langen Asmara merupakan salah satu komposisi tari pasangan yang bertemakan percintaan dimana dalam tari tidak terdapat konflik, yang menggambarkan sepasang kekasih yang sedang berpacaran dan bersenang senang.

Tari Driasmara

tari driasmara 300x240 Tarian Tradisional Jawa Tengah

tari driasmara

Tari Driasmara hampir sama dengan Tari Langen Asmoro namun yang jadi teman adalah percintaan antara Panji Asmara Bangun dengan Dewi Sekartaji. Tari ini disusun oleh Sunarno Purwolelono pada tahun 1976. Driasmara berasal dari kata driya yang bearti hati dan asmara yang berarti asmara, driasmara dimaksudkan hati yang sedang dilanda asmara. Rasa yang muncul/ terkandung dari tari Driasmara yaitu romantis, penuh kasih, saling mengasihi satu sama lain, cinta kasih. Tari driasmara menggambarkan sepasang kekasih yang sedang memadu cinta, melambangkan suatu hubungan percintaan antara dua orang yang berlawanan jenis. Pada dasarnya tari ini menggambarakan bermacam-macam perasaan manusia yang terlibat dalam suatu percintaan.

Tari Bambangan Cakil

tari bambang cakil 300x257 Tarian Tradisional Jawa Tengah

tari bambang cakil

Tari yang diadaptasi dari Pementasan wayang kulit yang berjudul Perang Kemabang. Tari ini menceritakan perang antara ksatria melawan raksasa. Ksatria adalah tokoh yang bersifat halus dan lemah lembut, sedangkan Raksasa menggambarkan tokoh yang kasar dan bringas. Makna yang terkandung dalam tarian ini adalah bahwa segala bentuk kejahatan, keangkara murkaan pasti kalah dengan kebaikan.

Tari Sintren

tari sintren 300x225 Tarian Tradisional Jawa Tengah

tari sintren

Tari ini berasal dari pekalongan, tari ini menggambarkan cerita cinta sulasih dengan sulandono, kisah dari tari ini adalah Sulandono adalah putra Ki Baurekso hasil perkawinannya dengan Dewi Rantamsari. Raden Sulandono memadu kasih dengan Sulasih, seorang putri dari Desa Kalisalak, namun hubungan asmara tersebut tidak mendapat restu dari Ki Baurekso. Akhirnya R.Sulandono pergi bertapa dan Sulasih memilih menjadi penari. Walaupun begitu di ceritakan kalau mereka berdua masih bisa ketemuan dalam alam gaib, dengan yaitu dengan cara bahwa pada setiap acara dimana Sulasih muncul sebagai penari maka Dewi Rantamsari memasukkan roh bidadari ke tubuh Sulasih, pada saat itu pula R.Sulandono yang sedang bertapa dipanggil roh ibunya untuk menemui Sulasih dan terjadilah pertemuan diantara SulasihdanR.Sulandono. Sintren diperankan oleh seorang gadis yang masih suci

Demikianlah Tari Tradisional Jawa Tengah yang unik dan harus kita lestarikan karena merupakan aset budaya bangsa yang terus kita jaga selamanya.

Bisnis Agen Tiket Pesawat !! Modal 500rb
Peluang Usaha Agen Tiket Pesawat Mudah, Fleksibel, Menguntungkan, Komisi besar full NTA, Realtime Bisa daftarakan Sub Agen unlimited, DAFTAR SEGERA..!!!

Related Posts to "Tarian Tradisional Jawa Tengah"

Response on "Tarian Tradisional Jawa Tengah"