Saturday, 19 April 2014

Sistem Manajemen Mutu Laboratorium

Sistem Manajemen Mutu Laboratorium – Semakin pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi pada akhir 1970-an membawa dampak yang sangat besar terhadap tatanan hidup manusia. Perubahan yang sangat cepat tersebut membawa dampak di segala bidang dan di segala tatanan hidup manusia dan mengakibatkan interaksi antar manusia tak mengenal batas karenan begitu pesatnya perkembangan industri teknologi informasi dan komunikasi. Hal tersebut akhirnya menimbulkan persaingan yang sangat ketat di pasar dalam negeri maupun pasar internasional.

Meningkatnya persaingan ini akhirnya membawa pengaruh terhadap penetapan standard mutu bagi barang dan jasa. Salah satunya  standard mutu  laboratorium (ISO 17025:2005). Tuntutan informasi teknis dari setiap produk yang  akan diperdagangkan menuntut sebuah laboratorium yang melakukan pengujian agar untuk meningkatkan kompetensi dan kepercayaan  terhadap hasil uji yang absah dan valid.

contoh sistem mutu laboratorium ISO 17025 2005 216x300 Sistem Manajemen Mutu Laboratorium

Contoh Sertifikat ISO 17025:2005

Audit dan sertifikasi ISO 17025:2005 pada dasarnya sama dengan ISO 9001:2000 tetapi pada  ISO 9001:2000 tidak mengevaluasi kemampuan teknis laboratorium dalam menghasilkan data hasil  uji atau kalibrasi yang absah  dan dapat dipercaya. Untuk meyakinkan bahwa  laboratorium tersebut mempunyai kemampuan teknis dalam menghasilkan data yang akurat dan handal, laboratorium harus menerapkan sistem manajemen mutu laboratorium (ISO 17025:2005). Fokus dari sistem ini adalah dengan memperhatikan persyaratan  kemampuan laboratorium dalam  OECD (Organization for Economic Cooperation Development) dan GLP (Good Laboratorium Practice) serta ISO 9001:2000 sebagai jaminan mutunya.

Faktor teknis yang perlu diperhatikan antara lain :

  1. Sumber daya manusia yang mempunyai kualifikasi dan pengalaman
  2. Kalibrasi dan perawatan peralatan laboratorium yang tepat
  3. Sistem jaminan mutu yang sesuai
  4. Teknik pengambilan contoh uji dan metode pengujian yang telah divalidasi
  5. Mampu telusur pengukuran dan system kalibrasi ke standard nasional / internasional
  6. Sistem dokumentasi dan pelaporan data hasil pengujian
  7. Sarana dan lingkungan kerja pengujian

Keuntungan dari penerapan sistem manajemen mutu ISO 17025:2005 adalah :

  1. Meningkatkan kemampuan dan kepercayaan pada laboratorium kalibrasi dan laboratorium pengujian melalui penerapan persyaratan yang berlaku
  2. Memudahkan penghapusan hambatan non-pajak perdagangan melalui penerimaan hasil kalibrasi dan hasil uji antar negara
  3. Memudahkan kerjasama antar laboratorium dan antar instansi dalam tukar menukar informasi, pengalaman dan harmonisasi standard dan prosedurnya

Dan bagi Anda yang saat ini sedang mencari artikel manajemen laboratorium kimia, artikel manajemen laboratorium kesehatan atau artikel manajemen laboratorium komputer bisa download dibawah ini.

ARTIKEL/MAKALAH MANAJEMEN LABORATORIUM KIMIA

Download makalahnya disini

ARTIKEL/MAKALAH MANAJEMEN LABORATORIUM KESEHATAN

Download makalahnya disini

ARTIKEL/MAKALAH MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPUTER

Download makalahnya disini

 

Demikian tadi adalah artikel kami yang berjudul Sistem Manajemen Mutu Laboratorium. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Salam dan selamat membaca Sistem Manajemen Mutu Laboratorium.

Bisnis Agen Tiket Pesawat !! Modal 500rb
Peluang Usaha Agen Tiket Pesawat Mudah, Fleksibel, Menguntungkan, Komisi besar full NTA, Realtime Bisa daftarakan Sub Agen unlimited, DAFTAR SEGERA..!!!

Related Posts to "Sistem Manajemen Mutu Laboratorium"

Response on "Sistem Manajemen Mutu Laboratorium"