Resep Membuat Ceker Petis Sederhana Enak dan Sedap

Resep Membuat Ceker Petis Sederhana Enak dan Sedap

Resep Membuat Ceker Petis Sederhana Enak dan Sedap – Makanan tradisional memang memiliki berbagai macam jenis salah satunya adalah ceker petis. Pada jaman dulu makanan ini sangat populer dan disukai banyak kalangan karena rasanya yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Jika petis biasa dibuah denga menggunakan bahan kulit sapi, namun untuk kali ini kita akan mencoba untuk membuat petis dengan bahan dasar ceker ayam.

Resep Membuat Ceker Petis Sederhana Enak dan Sedap
Resep Membuat Ceker Petis Sederhana Enak dan Sedap

Mungkin dipasaran sekarang sudah tidak ada yang menjual makanan ini, untuk itu bagi anda yang rindu dengan masakan tradisional jaman dulu anda dapat coba membuatnya sendiri dirumah. Membuat ceker petis tidaklah begitu sulit, anda cukup membutuhkan beberapa potong kaki ayam atau ceker ayam dan bumbu rempah khas Indonesia yang akan menjadikannya enak dan lezat. Langsung saja silahkan anda simak resepnya berikut ini.

Resep Cara Membuat Ceker Petis Sederhana Enak dan Sedap

Bahan Yang Digunakan :

⦁    Ceker ayam segar 500 gr (dicuci bersih)
⦁    Kaldu ayam 400 ml
⦁    Daun salam 2 lmbr
⦁    Serai dimemarkan 1 btng
⦁    Margarine 2 sdm
⦁    Lengkuas 2 cm (dimemarkan)

Bahan Bumbu Halus :

⦁    Cabe merah besar 2 buah
⦁    Bawang putih 4 siung
⦁    Garam 1 sdt
⦁    Gula pasir 1 sdt
⦁    Bawang merah 5 butir
⦁    Bumbu penyedap secukupnya
⦁    Petis udang 5 sdm

Cara Membuat Ceker Petis Sederhana :

  1. Langkah pertama dalam pembuatan ceker petis yaitu panaskan margarine terlebih dahulu hingga mencair setelah itu tumbis bahan bumbu halus seperti cabe merah, bawang putih, garam dll.
  2. Aduk semua bahan hingga harum baru kemudian tambahkan sedikit kaldu ayam didalamnya sambil kembali diaduk rata.
  3. Selanjutnya masukkan ceker ayam yang telah dicuci bersih kedalam bumbu tersebut, diamkan hingga masakan benar-benar matang dan sesekali sambildiaduk. Jika air sudah mulai menyusut, matikan api dan angkat masakan.
  4. Letakkan masakan pada mangkuk dan ceker petis siap dihidangkan.

Demikianlah resep membuat ceker petis sederhana. Cukup mudah membuatnya dan silahkan anda coba sendiri dirumah, menu ini bisa anda jadikan sebagai menu buka puasa atau sahur ketika bulan ramadhan. Terimakasih.

Save