Friday, 25 April 2014

Pengertian Dan Penyebab Penyakit Stroke

Pengertian Dan Penyebab Penyakit Stroke – Apa yang terlintas di benak anda saat mendengar kata stroke? Seorang yang berbaring lemah dan tidak mampu bergerak sedikit pun? Atau penyakit yang mematikan dan penderitanya tidak mempunyai harapan untuk sembuh? stroke memang momok bagi kebanyakan orang.Penyakit ini sangat mudah ditemui di masyarakat. Mungkin salah satu keluarga, teman, atau kerabat anda pernah mengalaminya? Stroke adalahgangguan fungsi otak yang terjadi dengan cepat (tiba-tiba) dan berlangsung lebih dari 24 jam karena gangguan suplai darah ke otak. Dalam jaringan otak, kekurangan aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel otak.

penyakit stroke Pengertian Dan Penyebab Penyakit Stroke

Penyakit stroke dibagi dalam 3 jenis yaitu stroke iskemik, stroke hemorragik dan stroke ringan. Secara umum penyebab penyakit stroke adalah disebabkan oleh hal-hal berikut :

  1. Ateroma (endapan lemak) yaitu penyumbatan yang bisa terjadi di sepanjang arteri menuju otak. Yaitu pada dua arteria karotis interna dan dua artri vertebralis.
  2. Peradangan atau infeksi yang dapat menyebabkan menyempitnya pembuluh darah yang menuju ke otak.
  3. Obat-obatan seperti kokain dan amfetamin, juga bisa mempersempit pembuluh darah ke otak.
  4. Penurunan tekanan darah yang tiba-tiba sehingga menghambat aliran darah ke otak.
  5. Emboli, yaitu endapan lemak yang terlepas dari dinding arteri dan terbawa aliran darah lalu menyumbat arteri yang lebih kecil.
  6. Pecahnya pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah yang normal dan darah merembes ke dalam suatu daerah di otak dan merusaknya. Hal ini biasa terjadi pada penderita hipertensi.

Stroke ringan disebut juga sering disebut mini stroke karena masih dalam kategori warning. Gejala stroke ringan sering dianggap remeh oleh kebanyakan orang, karena sifat serangannya yang terjadi secara tiba-tiba dan cepat hilang. Meskipun masih ringan, jika diabaikan, bukan berarti stroke ringan akan berubah menjadi parah dan berat.

Perawatan sangat penting dilakukan bagi segala penyakit termasuk stroke. Selama ini cara mengobati stroke disamakan dengan model pengobatan terhadap pasien dengan penyakit lain. Akibatnya lama perawatan di rumah sakit menjadi lebih panjang. Selain itu penanganan juga menjadi kurang sempurna. Saat ini telah dilakukan berbagai uji coba model perawatan khusus bagi penderita stroke. Antara lain unit perawatan intensif penderita stroke akut, unit rehabilitasi stroke serta unit perawatan stroke akut dan rehabilitasi dini. dalam pengobatan stroke ini terdiri atas pengobatan medis dan non medis.Perawatan medis pada awal serangan bertujuan menghindari kematian dan mencegah kecacatan. Setelah itu perawatan medis ditujukan untuk mengatasi keadaan darurat medis pada stroke akut, mencegah stroke berulang, terapi rehabilitatif untuk stroke kronis dan mengatasi gejala sisa akibat stroke.

Jika Anda ingin melihat Asuhan Keperawatan untuk pasien Stroke, silahkan download disini

Demikian tadi artikel saya kali ini yang berjudul Pengertian Dan Penyebab Penyakit Stroke. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda atau keluarga Anda. Salam dan selamat membaca Pengertian Dan Penyebab Penyakit Stroke.

Bisnis Agen Tiket Pesawat !! Modal 500rb
Peluang Usaha Agen Tiket Pesawat Mudah, Fleksibel, Menguntungkan, Komisi besar full NTA, Realtime Bisa daftarakan Sub Agen unlimited, DAFTAR SEGERA..!!!

Related Posts to "Pengertian Dan Penyebab Penyakit Stroke"

Response on "Pengertian Dan Penyebab Penyakit Stroke"