Meski Kurang Sehat, Ternyata Ini Alasan yang Bikin Orang Doyan Makan Junk Food

Meski Kurang Sehat, Ternyata Ini Alasan yang Bikin Orang Doyan Makan Junk Food

Hampir semua orang pasti memahami, kalau junk food merupakan kuliner yang kurang sehat & kurang baik jika dikonsumsi secara rutin. Soalnya, pada makanan tersebu mengandung banyak zat ‘berbahaya’ yang bisa memberi efek yang bagi kesehatan  bila sering dikonsumsi.

Beberapa kuliner junk food yang cukup terkenal dan kerap disantap orang diantaranya pizza, ayam goreng, burger dan juga berbagai macam soft drink. Dan anehnya, meski telah dianggap sebagai makan yang kurang sehat, orang-orang tetap berbondong-bondong untuk mendatangi kedai atau rumah makanan tersebut. Bahkan, tak jarang orang yang selalu menikmati junk food setiap harinya.

Lantas apa sebenarnya alasan orang sangat doyan dengan junk food padahal sudah tahu kalau makanan tersebut kurang sehat? Menurut penelitian yang dilakukan oleh Benjamin Schuz dari University of Tasmania, berikut ini beberapa Alasan yang Bikin Orang Doyan Makan Junk Food.

Gampang ditemukan

Seperti diketahui, restoran cepat saji yang menjual junk food mudah sekali ditemukan, bahkan disudut kota sekalipun. Cara yang tepat agar bisa mengurangi mengonsumsi junk food adalah dengan mengurangi niat untuk membelinya, usahakan hanya membeli ketika memang sudah lapar dan tidak ada pilihan lain.

Melihat Orang Lain Makan

Suka jalan dan melihat orang yang lagi menyantap hidangan junk food yang terlihat menggugah selera membuat perasaan ingin makan pun timbul. Itulah sebabnya kita juga tak ketinggalan untuk memesan untuk membunuh rasa ingin melahapnya.

Terbawa Emosi

Saat seseorang sedang depresi atau merasa sedih, biasanya nafsu makannya akan meningkat. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab orang makan junk food dikala sedang resah atau tertekan.

Terlalu Banyak Waktu Luang

Saat memiliki banyak waktu luang, terkadangan orang merasa boring. Akibatnya, tak jarang orang yang memilih lari ke makanan. Dan makanan yang biasa dipilih untuk mengisi waktu luangnya itu ya junk food, karena memang makan itulah yang mudah ditemukan.

Sendirian

Dibandingkan waktu berkumpul bersama sahabat atau kerabat, keinginan untuk makan jauh lebih tinggi kalau lagi sendirian. Bahkan tak sedikit orang yang tampa sadar porsi makannya  di tambah. Tentu saja hal ini kurang baik untuk kesehatan jika yang menjadi pilihan adalah makanan junk food.

Terlepas dari beberapa kondisi di atas, memakan junk food sebanarnya tidak terlalu membahayakan kesehatan apabila memakannya tidak terlalu sering.