Home » Dunia » Menara Tertinggi di Dunia

Menara Tertinggi di Dunia

loading...

Menara Tertinggi di Dunia – Apa yang kamu fikirkan bila kamu berada puncak gedung dengan tinggi 828 meter dan itu buatan manusia. Kita melihat orang yang di bawah pasti seperti melihat semut yang lain berjalan. Ketika impian manusia ingin terus tinggi maka akan banyak muncul gedung pencakar langit yang semakin tinggi.

Menara tertinggi di dunia

Menurut CTBUH. Badan terkemuka di dunia ini bergerak dalam bidang gedung tinggi dan diakui sebagai sumber informasi tentang bangunan tinggi secara internasional, menetapkan standar bangunan yang diukur. Bahwa menara Burj Khalifa menjadi gedung paling tertinggi di dunia setinggi 828 meter. Untuk lebih jelasnya kita akan mengetahui gedung pencakar langit yang membuat kita merinding ketika di puncaknya.

1. Burj Khalifa, Uni Emirat Arab

Burj KhalifaUntuk sementara ini Burj Khalifa merupakan menara paling tertinggi di dunia dengan tinggi 828 meter. Dengan jumlah 160 gedung yang dapat di huni dengan area lantai 334,000 m2

Untuk menghormati Presiden UEA, Khalifa bin Zayed Al Nahyan nama gedung ini dahulu ” Burj Dubai ” di ganti menjadi ” Burj Khalifa “. Menurut informasi yang beredar gedung ini bisa menampung 35.000 dalam satu waktu dan dengan total 57 lift dan 8 eskalator, 2.909 anak tangga dengan total lantai 163. Burj Khalifa merupakan karya hebat manusia yang ingin menaklukkan langit. Suatu saat pasti akan ada gedung yang bisa melebihi gedung ini.

2. Abraj Al-Bait Towers, Saudi Arabia

Abraj-Al-Bait2Berada di kota Mekkah, Arab Saudi yang dirancang oleh Dar Al Handasah Architects dan pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh Saudi Binladin Group. Yang menarik gedung megah dan tinggi ini berada di sebelah jalan Masjidil Haram yang merupakan masjid suci bagi umat Islam. Kegunaan menara ini adalah untuk menampung para calon jemaah haji yang datang dari berbagai negara. Karena banyaknya orang menunaikan haji pada tiap tahunnya maka bisnis hotel di mekkah lagi meningkat dan gedung ini bisa menampung 10.000 orang. Pembangunan dimulai pada tahun 2004 dan selesai pada tahun 2012. Tinggi menara nya 601 meter, dengan total 120 lantai.

3. One World Trade Center, New York

One World Trade CenterBanyak nama untuk gedung tertinggi di Amerika ini, One World Trade Center, 1 World Trade Center, One WTC dan 1 WTC selain itu juga dikenal dengan nama Freedom Tower. Gedung ini memiliki 104 lantai dengan tinggi 541.3 m, Bangunan ini dibangun mulai  27 April 2006 dan diresmikan pada tanggal 1 Maret 2014. One WTC memiliki 105 lantai, fungsi gedung ini memang untuk kegiatan ekonomi mulai perkatoran, Organinasi Perdagangan Dunia,Observasi dll.  Pembangunan ini adalah bagian dari upaya memperingati dan membangun kembali setelah komplek asli World Trade Center hancur akibat serangan teroris tanggal 11 September 2001. Setelah rampung, One World Trade Center akan menjadi gedung perkantoran tertinggi di dunia.

4. Taipei 101, Taiwan

Taipei 101Sebelum menjadi nama Taipei 101 dahulu dikenal dengan sebutan Taipei Word Financial Center yang merupakan gedung tertinggi di Taiwan yang terletak di Distrik Xinyi, Taipei. Sesuai dengan namanya gedung ini memiliki 101 lantai dan 5 lantai bawah tanah. Gedung ini memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik. Pembangunan gedung ini dimulai pada tahun 1999 dan resmi dibuka pada tahun 2004 dan tepatnya tanggal 31 Desember 2014 atau malam tahun baru. Taipei 101 menjadi Landmark bagi negara Taiwan dan menjadikan tempat perekonomian yang paling lengkap. Pada bulan Juli 2011, bangunan dianugerahi sertifikasi LEED Platinum, penghargaan tertinggi dalam sistem penilaian lingkungan, Kepemimpinan Energi dan Desain (LEED) dan menjadi green building tertinggi dan terbesar di dunia

5. Shanghai World Financial Center

Shanghai World Financial CenterPembangunan gedung ini dimulai pada tahun 1997 dan selesai pada tahun 2008, pembukaan dilakukan pada tanggal 28 agustus 2008. Ternyata sesama negara china memiliki menara yang sama tingginya. The Shanghai World Financial Center (SWFC) terletak di Distrik Pudong Shanghai. Penggunaan gedung ini berbagai macam fungsi seperti hotel, kantor, observasi, konferensi dan pembelajaan di lantai dasar. Jumlah lantai 101 sama seperti Taipei 101. Tinggi gedung ini 492 m dan merupakan gedung paling tertinggi di china.

Itulah 5 Menara Tertinggi di Dunia yang sudah tercatat selama ini, mungkin tahun yang akan datang dan seterusnya akan banyak menara tertinggi didunia yang bisa melebihi menara ini. Rasa bersaing manusia sangat tinggi tidak heran bila bumi nanti akan di huni banyak menara yang tinggi.

loading...
Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di otiketindonesia.com. Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda.