Home » Agama Islam » Manfaat Shalat Tahajud

Manfaat Shalat Tahajud

Manfaat Shalat Tahajud – Sebelum kita membahas manfaat shalat tahajud, kita bahas dulu tentang pengertian shalat tahajjud. Shalat tahajjud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari sesudah tidur walaupun tidurnya hanya sebentar saja. Jadi apabila shalat tersebut dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka bukan dinamakan sebagai shalat tahajjud.

Shalat Tahajjud meskipun hukumnya hanya shalat sunnah, tapi sangat dianjurkan dalam agama islam. Sebagaimana Firman Allah SWT yang artinya :

Hendaklah Engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk Shalat Tahajjud, sebagaimana shalat sunnat untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang terpuji” (Al-Isra’ : 75)

Tata Cara Shalat Tahajjud

Mengenai rakaat Shalat Tahajjud, sekurang-kurangnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya 12 rakaat. Sedang waktu Shalat Tahajjud dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu sebagai berikut :

  1. Sepertiga malam yang pertama dari sekitar pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB saat utama.
  2. Sepertiga malam yang kedua dari sekitar pukul 22.00 WIB hingga 01.00 WIB saat lebih utama.
  3. Sepertiga malam yang ketiga dari sekitar pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB saat paling utama.

Sedangkan cara (Kaifiat) mengerjakan Shalat Tahajjud yang baik adalah setiap 2 ( dua ) rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana diterangkan oleh Rosulullah SAW :“ Shalat malam itu, dua-dua.” (HR Ahmad,  Bukhari dan Muslim)

Adapun surat yang dibaca dalam shalat Tahajud pada raka’at pertama setelah surat Al-Fatihah ialah Surat Al-Baqarah ayat 284-286. Sedangkan pada raka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah ialah surat Ali Imron 18-19 dan 26-27. Kalau surat-surat tersebut belum hafal, maka boleh membaca surat yang lain yang sudah dihafal.

Bacaan Doa dalam Shalat Tahajjud :

Diwaktu melakukan shalat Tahajjud atau sesudahnya, sebaiknya doa yang dibaca adalah ayat-ayat Al-Qur’an seperti :

Artinya :

Ya Allah Tuhan kami, berilak kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Dan hindarkanlah kami dari siksaan api neraka“.

Apabila Rasulullah SAW selesai mengerjakan shalat Tahajjud, lalu berdoa seperti berikut :

Artinya :

“Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembahkecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

Manfaat Shalat Tahajjud

Berbicara tentang keutamaan shalat Tahajud, Rasulullah SAW pada suatu hari pernah bersabda : “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat”.

Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah :
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Sedangkan yang empat keutamaan di akhirat, yaitu :
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyeberangi jembatan Shirathal Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Demikian tulisan kali ini yang membahas beberapa manfaat, keutamaan, tata cara dan bacaan dalam shalat tahajjud, semoga dapat bermanfaat agar kita dapat menjadi manusia yang lebih baik. Salam dan selamat membaca Manfaat Shalat Tahajud.

52 Responses for Manfaat Shalat Tahajud

  1. takim says:

    ya Allah begitu mulianya waktu pada malam hari..

  2. tary says:

    trima kch info na

  3. Alia sarry says:

    Sungguh besar kemuliaanmu ya Allah,aku hingga meneteskan air mata,

  4. wati prayogo says:

    kemulian manusia didunia bisa didapat dengan sholat tahajud , sungguh besar kasih sayang Alloh

  5. Ecie sama juga yessie says:

    Allah huakbar

  6. mundakir says:

    yakinlah janji alloh pasti terbukti dan tidak pernah menyalahi jaji cuma manusia yang merasa ragu.

  7. maryono says:

    ya allah ampunilah dosa kami, cukupkanlah segala kekurangan kami, dan angkatlah derajat kami, dan berilah rezeki pada kami, dan berilah kesehatan pada kami dan berilah kami petunjuk, dan berilah ampunan pada kami.

  8. mudahann tarr mlamm bzaa bgunn…maoo shlatt thajjud akuu..
    mhonn doa nya yee..hhhee

  9. buenga love u says:

    subhanalloh…mksh infonya

  10. fredy says:

    bila kita ingin diangkat derajat nya oleh allah swt laksanakanlah sholat tahajud,maka kunfayakun alah akan jatuh ketangan kita insyaallah

  11. Nidya Juniparti says:

    Subhanallah..
    Aku bangga terlahir dalam islam..
    Alhamdulillah..
    Mkcih infonya

  12. Puterarady says:

    Sangat bermanfaat bagi kaum muslimin

  13. Hasan says:

    Makasih info tentang shalat witir……!

  14. yusni abdurrahman says:

    syukron, ijin mengcopy

  15. Hartono says:

    Terima kasih atas semua infonya, semoga mendapat pahala yang setimpal ..Amin.

  16. Azam says:

    Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin… Terima kasih atas doanya Pak Hartono :D

  17. Rahma says:

    Subhanallah..

  18. abu zakaria says:

    alham dulillah puji syukur saya ucapkan, ternyata masih banyak org yg menempuh jalan ini, sy mohon untuk yg melaksanakan sholat tahajud tk saling mendoakan keinginanya supaya bener2 terkabul, amin….

  19. Azam says:

    Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin….

  20. wahyu ps says:

    Alhamdulillah, sgl puji bagi Allah yg memberikan nikmat iman & Islam…..Indahnya nikmat dunia jk dipenuhi dg pujian2 kpd-Nya dg Ikhlas & hati yg bersih

  21. tria says:

    سُبْحَانَ اللّهُ sangat bermanfaat,,, izin posting Ÿªª :)

  22. bayangan kelabu says:

    subhanallah

  23. iskandar says:

    assalamualaikum pak ustadz ..
    mau bertanya misal kita ingin shalat tahajud 4 rakaat , apakah pada rakaat ke 2 pas duduk tasyahud sebelum salam kita membaca shalawat nabi juga atau membacanya pada rakaat terakhir saja yaitu rakaat yg ke 4 .. mohon di jawab dengan dali”nya ??

    mohon penjelasannya

    terimakasih

  24. sastra sinaga says:

    aku menyukainya, meski tantanganx trlalu berat memang.

  25. mohon maaf tanpa mengurangi hormat sy.apa yg saudara tlis ada bagian yg krang lengkap.jga ada unsur bidahnya.klo ingin membuat artikel masalah agama SANGAT PENTING mencantumkan rujukan alquran dan hadits agar hal ini bsa dicek balik.masahnya bicara agama berarti bicara syariat[dalil] ini bisa dikaitkan dgan ushul fikih.fikih dlm hal mengistimbat hukum syar’i[menarik kaidah hukum] agar antara nas/dalil terjadi persesuaian.[konklusi] dgan masalah yg dikaji hampir mirip mirip dngan kaidah ilmiah.dalil yg anda tampilkan itu hanya 1bagian sja masih banyak nas2 lain seperti kenapa klu sholat pd romadhon dinamakan sholat tarawih[padahal diluarr romadhon tarawih jga dibolehkan]kenapa ada sholat laili[malam]sholat qiyamul romadhon dll.ada bnyak riwayat dari jalan berbeda tntang sholat2 itu semua.termasuk didalamnya slat tahajud.[ini alquran fatahajud bihi nafilatallak]bertahajudlah kamu pd sebagian malam semoga alloh angkat derajatmu] ayat quran ini kemudian diinterpretasi[ditafsir hadits nabi]slh stunya ulisan yg anda muat.Sholat tahajud’sholat lail’ qiyamu romadhon’sholat tarawih dan sholat wtir itu satu kesatuan yg tak terpisahkan.bleh dikerjakan setelah sholat isya sampai waktu fajar[akan subuh]waktu yg utama 2/3 malam.tdak perlu usholi….boleh tdur dlu bleh tdak.adpun rokaatnya bleh 5,7,9.11.DAN RSUL kerjakan maksimal 13rokaat[ini semua ada nas haditsnya banyak dri jalan yg berbda[sanadnya bda2]sanad jalan yng menyampaikan hadits seperti aisyah abu huroiroh dll]aadapun bilanganya bleh 2rkaat 2rkaat 1swtir atau 4 rkat 4rkat kemudian 3rkat bleh jga 10rkat 6rkat 10rkat 12rkat kemudian 1witr.yg penting tdak menyelisihi cara2 rosul.kemudian karena ini adalah fikih[pemahaman]ulama sebut jg ini sholat witr.baik ini wtir kecil[5,7,9,11,13]atau besar.stu hal lagi rosul selama hidupnya selalu kerjakan sholat malam.PENTING ini semua ada nas alquran dan hadits jdi mohon hti2 klo bhas masalah agama.Jangan sampai hadits rosul mengatakan BRNGSIAPA YG MENYAMPAIKAAN APA2 DRIKU DGN DUSTA[bsa bhong,bsa ngawur bsa krna ketdak thuaan kt/ilmu kt yg dkit] mka tempat dduknya dri neraka’subhanalloh.hti2 bro dan trus belajar krna pd intinya anda berniat baik.amiiin.mohon maaf klo da slah.

  26. Toha Tuti says:

    alhamdulillah…!

  27. Bagoes Guritno says:

    QS Al Isra” 75 “kalau terjadi demikian, benar-benarlah Kami akan rasakan kepadamu (siksaan) berlipat ganda di dunia ini dan begitu (pula siksaan) berlipat ganda sesudah mati, dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun terhadap Kami”…. Jadi mohon dikoreksi untuk ayat 75 QS al Isra’ di atas>>…

  28. randy says:

    subhanallah

  29. Asep Nurhidayat says:

    Mdh2an qt diberikan istiqomah dlm melaksaakannya.Amin

  30. Ardi says:

    Assllamu alaikum.., trima ksih atas informasinya

  31. ZhaeYa Kusuma says:

    Subhanallah ShoLat ntu bisa meNyembuhkan Berbagai PeNyakit

  32. Fiqih says:

    Sangat bermafaat, semoga selalu diberkahi.

  33. jarnida says:

    Amiiin banyak penjelasan nya ……

  34. Adies says:

    Subhanallah..

  35. Adies says:

    Subhanallah

  36. Ass. Admin, Shalat tahajjud di sepertiga malam yang pertama dari sekitar pukul 19.00 WIB hingga 22.00 boleh ya? soalnya selama ini yg sy tahu hanya di 1/3 terakhir malam, makasih.

  37. boleh juga tu dikerjakan

  38. heri s says:

    nice info gan, dan salam kenal, sekaligus ijin bookmak

  39. subhanallah semoga kita bisa istiqomah tahajud

  40. udaiy says:

    Terimakasih,,mdah2an bermanfaat buat para pembaca,,dan mohon izin kopas buat di hafal,,

    sekali lagi terima kasih buat penulis,mdah2an di beri pnjang umur dan bnyak rzki,,

  41. KOKA says:

    ijin kopi ya….thanks

  42. lisa marini says:

    Memang benar kekuatan shalat tahajud karena saya sdh mengalaminya pertama blm mendptkan jodoh kedua saya di tuduh atau di fitnah dan saya mengadu ke haribaan Allah dgn berdoa mengeluarkan air mata saya melaksanakan shalat tahajud dan doa saya alhamdulillah di jamah atau dikabulkan amiiiin ya robbal alamin

  43. setyo says:

    syukron penjelasannya.. sangat bermanfaat..

  44. hamba allah says:

    ternyata susah ya belajar sahalat witir itu

  45. achev says:

    sip dah penjelasannya hebat banget,…namun ada usullun sedikit maklum saya orang awam yang sedang belajar, mohon petunjuk untuk bacaan setelah shalat tahajudnya mohon diperjelas, sepertinya loncat-loncat huruf arabnya…matur suwun sanget pak

  46. Gilang says:

    ALLAH memang maha Besar……. :'(

  47. Jaiifanii says:

    Izin nyamak soob…
    Nice info nya maanfaat bgt tuhh :mrgreen:

  48. Bunga says:

    Manfaat.a bagus bgt,ak pngn mengamalkan.a…ya allah brkanlah ak umur yg pnjng untk menjalankn perntah-NYA

  49. Lusnando says:

    That is very nice. I really like that …

  50. Ammar panda says:

    Subhanallah.o iya gan,mau tanya salat tahajud itu bisa dijadiin salat untuk dapet petunjuk dari Allah gitu gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>