Friday, 29 August 2014

Manajemen Sumber Daya Manusia

Definisi Manajemen sumber daya manusia menurut M. Manullang adalah seni dan ilmu perencanaan pelaksanaan dan pengontrolan tenaga kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan lebih dahulu dengan adanya kepuasaan diri para pekerja.

Adapun tujuan manajemen sumber daya manusia yang baik adalah mencapai efisiensi dan menciptakan kerja sama antara pemimpin perusahaan dan bawahan dalam kemajuan perusahaan. Yang dimaksud efisiensi adalah pengunaan tenaga kerja pada pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya untuk dapat memenuhi inisiatif pada para tenaga kerja sehingga diharapkan akan dapat membantu dalam mencapai suatu tujuan perusahaan.

Human Resource Management Manajemen Sumber Daya Manusia 300x208 Manajemen Sumber Daya Manusia

Beberapa fungsi Manajemen sumber daya manusia diantaranya adalah :

1. Pengadaan tenaga kerja

Fungsi pengadaan tenaga kerja, meliputi kegiatan penentuan kebutuhan tenaga kerja (baik mengenai mutu maupun jumlahnya), mencari sumber-sumber tenaga kerja secara efektif dan efisien, mengadakan seleksi terhadap para calon tenaga kerja, menempatkan tenaga kerja sesuai dengan posisi yang sesuai, dan memberikan pendidikan serta latihan yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas bagi para tenaga kerja baru.

2. Pengembangan tenaga kerja

Fungsi pengembangan tenaga kerja, meliputi kegiatan pendidikan dan latihan bagi para pekerja agar mereka dapat mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam organisasi. Tujuan dari pengembangan tenaga kerja ini adalah peningkatan mutu atau keterampilan dan pengetahuan pekerja agar selalu mampu mengikuti perkembangan yang ada dalam organisasi

3. Pemberian kompensasi

Fungsi pemberian kompensasi, meliputi kegiatan pemberian balas jasa kepada para karyawan. Kegiatan disini meliputi penentuan sistem kompensasi yang mampu mendorong prestasai karyawan, dan juga menentukan besarnya kompensasi yang akan diterima oleh masing-masing pekerja secara adil.

4. Integritas

Fungsi integritas, merupakan kegiatan untuk menyelaraskan tujuan organisasi dengan tujuan individu pekerja. Apabila tujuan-tujuan ini sudah sinkron, maka akan tergalang kekompakan dalam irama kerja organisasi dengan irama kerja para individu karyawan, sehingga akan menghasilkan tingkat produktivitas yang tinggi dalam pencapaian tujuan.

5. Pemeliharaan tenaga kerja
Fungsi pemeliharaan tenaga kerja,
mencakup pelaksanaan program-program ekonomis maupun non-ekonomis, yang diharapkan dapat memberikan ketentraman kerja bagi pekerja, sehingga mereka dapat bekerja dengan tenang dan penuh konsentrasi guna menghasilkan prestasi kerja yang diharapkan oleh organisasi.

Contoh Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia.Doc dapat Anda download disini.

Jika Anda ingin membaca Contoh Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia.PDF, silahkan download disini.

Dan jika Anda sedang mencari ide untuk judul proposal skripsi Manajemen Sumber Daya manusia, silahkan download disini.

Cukup sekian artikel kali ini yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia. Semoga dapat bermanfaat buat teman-teman semua. Salam dan selamat membaca penjelasan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia.

Bisnis Agen Tiket Pesawat !! Modal 500rb
Peluang Usaha Agen Tiket Pesawat Mudah, Fleksibel, Menguntungkan, Komisi besar full NTA, Realtime Bisa daftarakan Sub Agen unlimited, DAFTAR SEGERA..!!!

Related Posts to "Manajemen Sumber Daya Manusia"

Response on "Manajemen Sumber Daya Manusia"