Home » Budaya Indonesia » Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia

Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia

TARIAN ADAT DI INDONESIA

Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia ini saya tulis dengan tujuan agar saya khususnya dan teman-teman pada umumnya agar lebih mengetahui jenis-jenis tarian daerah yang ada di Indonesia. Karena negara kita yang tercinta ini, Indonesia, mempunyai banyak sekali tarian-tarian daerah yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Masing-masing tari daerah mempunyai ciri-ciri dan mempunyai ke-khasan tersendiri dibanding dengan tarian yang lain.

Dengan mempunyai banyak sekali tarian daerah yang tersebar di seluruh nusantara, Indonesia merupakan negara terkenal dan terbaik karena kaya akan budaya, kaya akan kesenian dan kaya akan tari-tarian tradisional.

Dibawah ini teman-teman bisa melihat berbagai jenis tarian daerah nusantara yang tersebar di berbagai provinsi yang ada di Indonesia.

1. Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh

Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.

Tari Seudati

Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam

Tari Saman Meuseukat

2. Tari-tarian Daerah Bali

Tari legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cuinta Raja dari lasem. Diterikan secara dinamis dan memikat hati.

Tari legong Bali

Tari Kecak, sebuah tari berdasarkan cerita dan Kitab Ramayana yang mengisahken tentang bala tentara monyet dari Hanuman dari Sugriwa.

Tari Kecak

Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Pencipta/koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi.

Tari Pendet

3. Tari-tarian Daerah Bengkulu

Tari Andun, dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati.

Tari Andun

Tari Bidadari Teminang Anak, tarian ini dapat pula diartikan bidadari meminang anak. Tarian adat ini berasal dari Rejang Lebong.

Tari Bidadari Teminang Anak

4. Tari-tarian Daerah DKI Jakarta

Tari Topeng, merupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung.

Tari Topeng

Tari Yopong, adalah tari persembahan untuk menghormati tamu negara.

Tari Yopong

5. Tari-tarian Daerah Jambi

Tari Sekapur Sirih, merupakan tari persembahan. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu.

Tari Sekapur Sirih

Tari Selampir Delapan, merupakan tari pergaulan muda-mudi dan sangat digemari di daerah Jambi.

Tari Selampir

6. Tari-tarian Daerah Jawa Barat

Tari Topeng Kuncaran, merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak.

Tari Topeng Kuncaran

Tari Merak, sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau.

Tari Merak

7. Tari-tarian Daerah Jawa Tengah

Tari Serimpi, sebuah tarian keraton pada masa silam dengan suasana lembut, agung dan menawan.

Tari Serimpi

Tari Blambangan Cakil, mengisahkan perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil (raksasa). Sebuah perlambang penumpasan angkara murka.

Tari Blambangan Cakil

8. Tari-tarian Daerah JawaTimur

Tari Remong, sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa, kepahlawanan. Ditarikan pada waktu menyambut para tamu.

Tari Remong

Reog Ponorogo, merupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan, kejantanan dan kegagahan.

Reog Ponorogo

9. Tari-tarian Daerah kalimantan Barat

Tari Monong, merupakan tari penolak penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali penari berlaku seperti dukun dengan jampi-jampi

Tari Monong

Tari Zapin Tembung, Merupakan suatu tari pergaulan dalam masyarakat Kalimantan Barat.

Tari Zapin Tembung

10. Tari-tarian Daerah Katimantan Selatan

Tari Baksa Kembang, merupakan tari selamat datang pada tamu agung dengan menyampaikan untaian bunga.

Tari Baksa Kembang

Tari Radab rahayu, di pertunjukan pada upacara tepung tawar, sebelum pengantin pria dan wanita di persandingkan.

Tari Radab Rahayu

11. Tari-tarian Daerah Kalimantan tengah

Tari Tambun dan bungai, Merupakan tari yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan Bungai Dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat.

Tari Tambun dan Bungai

Tari Balean Dadas, Merupakan tarian guna memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit.

12. Tari-tarian : Daerah Kalimantan Timur

Tari Gong, di pertunjukan pada upacara penyambutan terhadap tatmu agung. Dapat pula di pertunjukan sewaktu lahir seorang bayi kepala suku.

Tari Gong

Tari perang, Tari yang mempertunjukan dua orang pemuda dalam memperebutkan seorang gadis.

Tari perang

13. Tari-tarian Daerah Lampung.

Tari Jangget, adalah tarian untuk upacar-upacara peradatan. Tarian ini melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat Lampung.

Tari Jangget

Tari Malinting, merupakan sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat Lampung. Menceritakan tentang kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung.

Tari Malinting

14. Tari-tarian Daerah Maluku

Tari Lenso. merupakan tari pergaulan bagi segenap lapisan rakyat masyarakat Maluku.

Tari Lenso

Tari Cakalele, adalah tari Perang Yang melukiskan jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa.

Tari Cakalele

15. Tari-Tarian Daerah Maluku Utara

Tari Perang, Tarian rakyat untuk menyambut para pahlawan yang pualng dari medan juang.

Tari Perang Maluku

Tari Nahar Ilaa, tarian pengikat persahabatan pada waktu “panas Pela” kesepakatan kampung untuk membangun.

16. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Barat

Tari Mpaa Lenggogo, sebuah tarian guna menyambut Maulid Nahi Muhammad SAW. Tarian ini juga scring dipertunjukkan pada upacara-upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja.

Tari Mpaa Lenggogo

Tari Batunganga, sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat. Mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu. Mereka memohon agar sang putri dapat keluar dari dalam batu itu.

17. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Timur

Tari Perang, tari yang menunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yang dipakai berupa cambuk dan perisai.

Tari Perang Nusa Tenggara Timur

Tari Gareng Lameng, dipertunjukkan pada upacara khitanan. Tari ini berupa ucapan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhitan sehat lahir batin dan sukses dalam hidupnya.

Tari Gareng Lameng

18. Tari-tarian Daerah Papua Barat dan Tengah

Tari Suanggi, tarian yang mengisahkan seorang suami ditinggal mati istrinya yang menjadi korban angi-angi (jejadian).

Tari Perang, tari yang melambangkan kepahlawanan, dan kegagahan rakyat Papua.

Tari Perang Papua

29. Tari-tarian Daerah Papua Timur

Tari Selamat Datang, tari yang mempertunjukan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati.

Tari Selamat Datang

Tari Musyoh, merupakan tari sakral dalam upaya mengusir arwah or¬ang meninggal karena kecelakaan.

20. Tari-tarian Daerah Riau

Tari Tandak, merupakan tari pergaulan yang sangat di gemari di daerah Riau.

Tari Tandak

Tari Joged Lambak, adalah tari pergaulan muda-mudi, yang sangat populer dan disenangi.

Tari Joged Lambak

21 Tari-tarian Daerah Sulawesi Selatan

Tari Kipas, tari yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas samhil mengikuti alunan lagu.

Tari Kipas

Tari Bosara, merupakan tarian untuk menyambut para tamu terhormat. Gerakan-gerakan badannya sangat luwes.

Tari Bosara

22. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tengah

Tari Lumense, tari dari Poso yang merupakan tarian selamat dating untuk menyambut tamu agung.

Tari Lumense

Tari Peule Cinde, termasuk pula tarian untuk menyambut tamu agung. Puncak acaranya adalah dengan menaburkan bunga bagi para tamu.

23. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tenggara

Tari Balumpa, merupakan tari selamat datang dalarn menyambut tamu agung. Tari rakyat ini berasal dari Buton.

Tari Balumpa

Tari Dinggu, melambangkan sifat kegotong royongan dalam kerja bersama sewaktu menumbuk padi. Sentuhan alu pada lesung merupakan irama tersendiri yang menyentuh hati.

24. Tari-tarian Daerah Sulawesi Utara

Tari Maengket, merupakan tari pergaulan yang dilakukan secara berpasang-pasangan. Menggambarkan suasana kasih sayang dan cumbuan.

Tari Maengket

Tari Polopalo, adalah tari pergaulan bagi muda-mudi daerah Gorontalo.

Tari Polopalo

25. Tari-tarian Daerah Sumatra Barat

Tari Piring : Sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sama.

Tari Piring Minangkabau

Tari Payung : Ditarikan oleh sepasang muda-mudi dengan payung di tangan, sang pria melindungi kepala sang wanita, sebuah perlamban perlindungan lelaki terhadap wanita.

Tari Payung

26. Tari-tarian Daerah Sumatra Selatan

Tari Tanggai, merupakan sebuah tarian dalam menyambut para tamu disertai upacara kebesaran adat.

Tari Tanggai

Tari Putri Bekhusek, artinya sang putri yang sedang bermain. Tari ini sangat populer di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan melamhangka kemakmuran daerah Sumatra Selatan.

Tari Putri Bekhusek

27. Tari-tarian Daerah Sumatra Utara

Tari Serampang Dua Belas, Sebuah tari Melayu dengan irama joged diiringi musik dengan pukulan gendang ala Amerika Latin. Serampang dua belas merupakan tari pergaulan.

Tari Serampang Dua Belas

Tari Tor Tor, Sebuah tari dari daerah Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk.

Tari Tor Tor

28. Tari-tarian Daerah Istimewa Yogyakarta

Tari Serimpi Sangu Pati, sebuah tarian keraton pada masalalu disertai suara gamelan dengan gerak tari yang lembut.

Tari Serimpi Sangu Pati

Tari Bedaya, merupakan tarian keraton yang di tarikan oleh 9 putri dengan irama yang lemah gemulai.

Tari Bedaya

Oke itu tadi adalah Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia. Kalau ada foto yang salah atau keliru, saya admin blog ini mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan tolong koreksi apabila ada kesalahan. Insya Allah nanti akan saya update terbaru apabila ada koreksi dari para pembaca. Karena capek juga buat artikel ini. Hampir 4 jam baru selesai. Karena harus mengumpulkan gambar-gambar tarian daerah yang sangat banyak. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Salam dan selamat membaca Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia.

59 Responses for Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia

  1. viqri says:

    gan ko no. 19 y di ganti 29 ane keder gan jdi y

  2. ulya says:

    kenapa na banyakx sekali….wkwkwkwkwkwkwk

  3. elma wati says:

    kebayanya indonesia and natural banget,,, i like it

  4. elma wati says:

    subahanallah begitu kaya bumi indonesiaku ini,…..

  5. grace says:

    bagus tpi kurang menyeluruh, tqzzzzzzzzzzzzzzzzz

  6. r10 says:

    di TMII juga ada tuh, rumah 2 adat Indonesia

    *
    blog aku sudah dari kemarin aku lepas dofollow bannernya, kamu baca dari blog intikali yah?

    iya tuh si john…. dia seharusnya ngomong dulu sama aku kalau blogku tidak lagi dofollow, jgn langsung publish artikel itu :(

    dan setelah aku selidiki mengapa hampir sebulan blogku ga lagi dofollow, penyebabnya adalah Threaded comments bawaan blogger yg ga bisa membuat blog jadi dofollow lagi :(

    padahal sudah aku hapus rel=’nofollow’

    utak-atik html berjam-jam, dan juga tanya blogger lain “Enny Law” dari ngetik.com ketahuan deh penyebabnya itu dari bloggernya

    dapat dibuktikan saat aku matikan threaded comments bawaan blogger ini, do follow-nya langsung aktif kembali

    dan sekarang aku putuskan untuk tidak dofollow lagi karena trauma, kalau setiap ada fitur baru blogger, akan ada bug yg membuat dofollow tak berfungsi maka lebih baik aku ga dofollow lagi dah

    dan terakhir aku sendiri sudah berencana mau bikin artikel tentang hal ini

  7. r10 says:

    oh iya ini link penjelasan dari enny law hxxp://www.ngetik.com/dilema-blogger-threaded-comment/

  8. r10 says:

    konfirmasi telah aku publish yah, di sini

    hxxp://catatan-r10.blogspot.com/2012/02/dofollow-blog-tidak-bisa-diterapkan.html

    maaf aku tidak berniat membohongi publik, ini murni tidak disadari krn kupikir tidak ada bug dari fitur baru blogger

  9. r10 says:

    terima kasih telah mengingatkan gan :)

    aku ga marah kok, malah aku senang sudah diingatkan kalau di pesan kotak komentar masih ada tulisan “blog ini do Follow”

    sekarang sudah aku hapus psan tersebut, terima kasih telah mengingatkan :)

  10. admin says:

    oke mas sama2.. :D

  11. robbiy says:

    siip sudah makasih yahh…….

  12. Ih, bagus2 baju batiknya. Saya suka banget sama model baju gamis batik…

  13. Sanny says:

    Duh…, boleh minta tips ga…??? Gimana cie cara milih kebaya sebagai seorang remaja… ???

  14. Agus says:

    Wow.. luar bisa desiainnya , mantap dan kerennnnnn

  15. mifta cool says:

    SO cOOOOL…!!

  16. mifta cool says:

    SO COOL……..“!!!

  17. Most are smaller than a pencil eraser – all over it. (It’s become part of mealtime to pick wax off the tablecloth!) I’m sure I can wash it in cold water, but I doubt that would remove the wax. My real worry is the dryer. Could I iron it with a cloth on top to ‘soak up’ the wax a bit first?

    Thanks!

  18. yendri says:

    asal mulanya gk ada tu
    kn payah kalaw anak sekolah cari tugas seperti itu

  19. sulistyo says:

    mantap gan… bs jadi rujukan blog ane nih… filatelisindonesia.wordpress.com

  20. CACA says:

    MBAK BISA MINTA KATALOGNYA N DAFTAR HARGA

  21. Nadya Salsabilla Dhea says:

    kok Provinsi Sulawesi Barat gk ada namanya…huft…

  22. indah says:

    kamu lagi ngapain
    kamu udah ngerjain pr belum

  23. Yusuf Fikri says:

    Pakaian Adat Sulawesi Barat kok gak ada kakak.?

  24. ktarino4 says:

    Visi kita kembali kepada”BHINEKA TUNGGAL IKA”,bahwa potensi dan keanekaragaman budaya melekat satu kesatuan sistem,komitmen bersama adalah: sumber daya manusia(civil societi), keadilan bersama, demokratisasi, insan religius, kesejahteraan( bangga, rasa memiliki, suka menggunakan pruduksi dalam negeri, dan melestarikan/asimilasi/alkulturasi, modernisasi budaya.

  25. afrida says:

    kebayanya bagus banget, kalau maulihat contoh kebaya modern untuk akad nikah yang bagus d mana ya?

  26. Putri Hasyim says:

    sist, PM harga nya dong :)

    tq

  27. Bagus2 kebayanya..
    Nitip jualan gan, aneka koleksi kebaya modern, kebaya wisuda, kebaya pengantin dengan harga murah.
    Klik hxxp://yaya-collections.blogspot.com
    Banyak pilihan model dan warna.
    Terimakasih

  28. wah,pengetahuanku jadi banyak nih……

  29. wah bisa untuk ngumpulin tugas sekolah nih

  30. koko says:

    mas mau tanya berapa harga Baju Batik Modern Untuk Pria?

  31. Ida Indiana says:

    Aje gile ….mannntap, thanks infonya

  32. nenden says:

    ulasannya bagus dan menambah pengetahuan,bila ada waktu kunjungi juga blog saya di http://imaniar.blog.stisitelkom.ac.id/
    terimakasih :)

  33. joko susilo says:

    tari-tari rakyat lainnya juga belum,,,,,,,seperti topeng ireng, klana topeng, reog daerah lokal….dll………………… tambah terus infonya,,,,,,,,tanks bgt..

  34. Cak Yono says:

    Foto tari Jangget dari Lampung itu salah, yang benar adalah tari Gandrung dari daerah Banyuwangi (JATIM)

  35. Cantika Vita says:

    wow, keren :D
    thanks ya infonya…

  36. admin says:

    Sama2 sist :D

  37. desi says:

    aduh kapan yah anak indonesia dapat melestarikan kebudayaan sendiri

  38. kiki says:

    makasih sangat membatu dalam menyelesaika tugas sekolah.

  39. kiki says:

    maaf masih kurang,,Di indonesia kan ada 33 provinsi mohon di tambah :)

  40. Anonymous says:

    saya mau tanya kalau tari angsa dari daerah mana ya??? :)
    Dan saya juga mau tanya kalau tari kijang dari daerah mana????
    dan sejarahnya…

    thank….

  41. yeah :p says:

    yeah

    .

  42. bang satya (bangsat) says:

    cara komen gimana ya? :v

  43. Anonymous says:

    kok gx nyampe 33 provinsi ya admin

  44. rama yanuardana says:

    kok gx nyampe 33 provinsiy admin?

  45. DELECIA says:

    KALIAN PARA PENGOMENTAR TARIAN TRADISIONAL !!!!!!!!! MAU TAU KNPA PLJAR ATAU MURID ZAMAN SKRNG BELAJAR TARIAN DAN ASAL USUL NYA TARIAN INI ??????????????????????????ITU SUPAYA KITA TAU BETAPA KAYANYA INDONESIA DENGAN BERBAGAI SUKU DAN ADAT DI INDONESIA

  46. ddd says:

    makasi ya

  47. EXWIN says:

    THANK YOU { TERIMA KASIH ]

  48. Anonymous says:

    good afternoon

  49. makasih atas infonya ya

  50. Anonymous says:

    Ajahahahahahahhahaha

  51. Anonymous says:

    terimakasih

  52. ayu dewi says:

    bagus tuh……………………………………………………………………………#############

  53. Anonymous says:

    kerenlah……………………..

  54. Anonymous says:

    apik yo

  55. Amelia says:

    indonesia Hebattttt ;-)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>