Home » Budaya Indonesia » Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia

Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia

TARIAN ADAT DI INDONESIA | MACAM-MACAM Tarian DAERAH Indonesia

Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia ini saya tulis dengan tujuan agar saya khususnya dan teman-teman pada umumnya untuk lebih mengetahui jenis-jenis tarian daerah yang ada di Indonesia. Karena negara kita yang tercinta ini, Indonesia, mempunyai banyak sekali tarian-tarian daerah yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Masing-masing tari daerah mempunyai ciri-ciri dan mempunyai ke-khasan tersendiri dibanding dengan tarian yang lain.

Dengan mempunyai banyak sekali tarian daerah yang tersebar di seluruh nusantara, Indonesia merupakan negara terkenal dan terbaik karena kaya akan budaya, kaya akan kesenian dan kaya akan tari-tarian tradisional.

Dibawah ini teman-teman bisa melihat berbagai jenis tarian daerah nusantara atau Tarian Tradisional Indonesia yang tersebar di berbagai provinsi yang ada di Indonesia.

1. Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh

Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.

Tari Seudati

Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam

Tari Saman Meuseukat

2. Tari-tarian Daerah Bali

Tari legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cuinta Raja dari lasem. Diterikan secara dinamis dan memikat hati.

Tari legong Bali

Tari Kecak, sebuah tari berdasarkan cerita dan Kitab Ramayana yang mengisahken tentang bala tentara monyet dari Hanuman dari Sugriwa.

Tari Kecak

Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Pencipta/koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi.

Tari Pendet

3. Tari-tarian Daerah Bengkulu

Tari Andun, dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati.

Tari Andun

Tari Bidadari Teminang Anak, tarian ini dapat pula diartikan bidadari meminang anak. Tarian adat ini berasal dari Rejang Lebong.

Tari Bidadari Teminang Anak

4. Tari-tarian Daerah DKI Jakarta

Tari Topeng, merupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung.

Tari Topeng

Tari Yopong, adalah tari persembahan untuk menghormati tamu negara.

Tari Yopong

5. Tari-tarian Daerah Jambi

Tari Sekapur Sirih, merupakan tari persembahan. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu.

Tari Sekapur Sirih

Tari Selampir Delapan, merupakan tari pergaulan muda-mudi dan sangat digemari di daerah Jambi.

Tari Selampir

6. Tari-tarian Daerah Jawa Barat

Tari Topeng Kuncaran, merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak.

Tari Topeng Kuncaran

Tari Merak, sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau.

Tari Merak

7. Tari-tarian Daerah Jawa Tengah

Tari Serimpi, sebuah tarian keraton pada masa silam dengan suasana lembut, agung dan menawan.

Tari Serimpi

Tari Blambangan Cakil, mengisahkan perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil (raksasa). Sebuah perlambang penumpasan angkara murka.

Tari Blambangan Cakil

8. Tari-tarian Daerah JawaTimur

Tari Remong, sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa, kepahlawanan. Ditarikan pada waktu menyambut para tamu.

Tari Remong

Reog Ponorogo, merupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan, kejantanan dan kegagahan.

Reog Ponorogo

9. Tari-tarian Daerah kalimantan Barat

Tari Monong, merupakan tari penolak penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali penari berlaku seperti dukun dengan jampi-jampi

Tari Monong

Tari Zapin Tembung, Merupakan suatu tari pergaulan dalam masyarakat Kalimantan Barat.

Tari Zapin Tembung

10. Tari-tarian Daerah Katimantan Selatan

Tari Baksa Kembang, merupakan tari selamat datang pada tamu agung dengan menyampaikan untaian bunga.

Tari Baksa Kembang

Tari Radab rahayu, di pertunjukan pada upacara tepung tawar, sebelum pengantin pria dan wanita di persandingkan.

Tari Radab Rahayu

11. Tari-tarian Daerah Kalimantan tengah

Tari Tambun dan bungai, Merupakan tari yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan Bungai Dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat.

Tari Tambun dan Bungai

Tari Balean Dadas, Merupakan tarian guna memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit.

12. Tari-tarian : Daerah Kalimantan Timur

Tari Gong, di pertunjukan pada upacara penyambutan terhadap tatmu agung. Dapat pula di pertunjukan sewaktu lahir seorang bayi kepala suku.

Tari Gong

Tari perang, Tari yang mempertunjukan dua orang pemuda dalam memperebutkan seorang gadis.

Tari perang

13. Tari-tarian Daerah Lampung.

Tari Jangget, adalah tarian untuk upacar-upacara peradatan. Tarian ini melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat Lampung.

Tari Jangget

Tari Malinting, merupakan sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat Lampung. Menceritakan tentang kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung.

Tari Malinting

14. Tari-tarian Daerah Maluku

Tari Lenso. merupakan tari pergaulan bagi segenap lapisan rakyat masyarakat Maluku.

Tari Lenso

Tari Cakalele, adalah tari Perang Yang melukiskan jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa.

Tari Cakalele

15. Tari-Tarian Daerah Maluku Utara

Tari Perang, Tarian rakyat untuk menyambut para pahlawan yang pualng dari medan juang.

Tari Perang Maluku

Tari Nahar Ilaa, tarian pengikat persahabatan pada waktu “panas Pela” kesepakatan kampung untuk membangun.

16. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Barat

Tari Mpaa Lenggogo, sebuah tarian guna menyambut Maulid Nahi Muhammad SAW. Tarian ini juga scring dipertunjukkan pada upacara-upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja.

Tari Mpaa Lenggogo

Tari Batunganga, sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat. Mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu. Mereka memohon agar sang putri dapat keluar dari dalam batu itu.

17. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Timur

Tari Perang, tari yang menunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yang dipakai berupa cambuk dan perisai.

Tari Perang Nusa Tenggara Timur

Tari Gareng Lameng, dipertunjukkan pada upacara khitanan. Tari ini berupa ucapan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhitan sehat lahir batin dan sukses dalam hidupnya.

Tari Gareng Lameng

18. Tari-tarian Daerah Papua Barat dan Tengah

Tari Suanggi, tarian yang mengisahkan seorang suami ditinggal mati istrinya yang menjadi korban angi-angi (jejadian).

Tari Perang, tari yang melambangkan kepahlawanan, dan kegagahan rakyat Papua.

Tari Perang Papua

29. Tari-tarian Daerah Papua Timur

Tari Selamat Datang, tari yang mempertunjukan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati.

Tari Selamat Datang

Tari Musyoh, merupakan tari sakral dalam upaya mengusir arwah or¬ang meninggal karena kecelakaan.

20. Tari-tarian Daerah Riau

Tari Tandak, merupakan tari pergaulan yang sangat di gemari di daerah Riau.

Tari Tandak

Tari Joged Lambak, adalah tari pergaulan muda-mudi, yang sangat populer dan disenangi.

Tari Joged Lambak

21 Tari-tarian Daerah Sulawesi Selatan

Tari Kipas, tari yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas samhil mengikuti alunan lagu.

Tari Kipas

Tari Bosara, merupakan tarian untuk menyambut para tamu terhormat. Gerakan-gerakan badannya sangat luwes.

Tari Bosara

22. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tengah

Tari Lumense, tari dari Poso yang merupakan tarian selamat dating untuk menyambut tamu agung.

Tari Lumense

Tari Peule Cinde, termasuk pula tarian untuk menyambut tamu agung. Puncak acaranya adalah dengan menaburkan bunga bagi para tamu.

23. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tenggara

Tari Balumpa, merupakan tari selamat datang dalarn menyambut tamu agung. Tari rakyat ini berasal dari Buton.

Tari Balumpa

Tari Dinggu, melambangkan sifat kegotong royongan dalam kerja bersama sewaktu menumbuk padi. Sentuhan alu pada lesung merupakan irama tersendiri yang menyentuh hati.

24. Tari-tarian Daerah Sulawesi Utara

Tari Maengket, merupakan tari pergaulan yang dilakukan secara berpasang-pasangan. Menggambarkan suasana kasih sayang dan cumbuan.

Tari Maengket

Tari Polopalo, adalah tari pergaulan bagi muda-mudi daerah Gorontalo.

Tari Polopalo

25. Tari-tarian Daerah Sumatra Barat

Tari Piring : Sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sama.

Tari Piring Minangkabau

Tari Payung : Ditarikan oleh sepasang muda-mudi dengan payung di tangan, sang pria melindungi kepala sang wanita, sebuah perlamban perlindungan lelaki terhadap wanita.

Tari Payung

26. Tari-tarian Daerah Sumatra Selatan

Tari Tanggai, merupakan sebuah tarian dalam menyambut para tamu disertai upacara kebesaran adat.

Tari Tanggai

Tari Putri Bekhusek, artinya sang putri yang sedang bermain. Tari ini sangat populer di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan melamhangka kemakmuran daerah Sumatra Selatan.

Tari Putri Bekhusek

27. Tari-tarian Daerah Sumatra Utara

Tari Serampang Dua Belas, Sebuah tari Melayu dengan irama joged diiringi musik dengan pukulan gendang ala Amerika Latin. Serampang dua belas merupakan tari pergaulan.

Tari Serampang Dua Belas

Tari Tor Tor, Sebuah tari dari daerah Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk.

Tari Tor Tor

28. Tari-tarian Daerah Istimewa Yogyakarta

Tari Serimpi Sangu Pati, sebuah tarian keraton pada masalalu disertai suara gamelan dengan gerak tari yang lembut.

Tari Serimpi Sangu Pati

Tari Bedaya, merupakan tarian keraton yang di tarikan oleh 9 putri dengan irama yang lemah gemulai.

Tari Bedaya

Oke itu tadi adalah Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia. Kalau ada foto yang salah atau keliru, saya admin blog ini mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan tolong koreksi apabila ada kesalahan. Insya Allah nanti akan saya update terbaru apabila ada koreksi dari para pembaca. Karena capek juga buat artikel ini. Hampir 4 jam baru selesai. Karena harus mengumpulkan gambargambar Tarian Tradisional Indonesia yang sangat banyak. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Salam dan selamat membaca Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia.

loading...
Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di otiketindonesia.com. Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda.

115 Responses for Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia

  1. pipit tetaplah pipit berkata:

    i like it

  2. viqri berkata:

    gan ko no. 19 y di ganti 29 ane keder gan jdi y

  3. ulya berkata:

    kenapa na banyakx sekali….wkwkwkwkwkwkwk

  4. elma wati berkata:

    kebayanya indonesia and natural banget,,, i like it

  5. elma wati berkata:

    subahanallah begitu kaya bumi indonesiaku ini,…..

  6. grace berkata:

    bagus tpi kurang menyeluruh, tqzzzzzzzzzzzzzzzzz

  7. r10 berkata:

    di TMII juga ada tuh, rumah 2 adat Indonesia

    *
    blog aku sudah dari kemarin aku lepas dofollow bannernya, kamu baca dari blog intikali yah?

    iya tuh si john…. dia seharusnya ngomong dulu sama aku kalau blogku tidak lagi dofollow, jgn langsung publish artikel itu 🙁

    dan setelah aku selidiki mengapa hampir sebulan blogku ga lagi dofollow, penyebabnya adalah Threaded comments bawaan blogger yg ga bisa membuat blog jadi dofollow lagi 🙁

    padahal sudah aku hapus rel=’nofollow’

    utak-atik html berjam-jam, dan juga tanya blogger lain “Enny Law” dari ngetik.com ketahuan deh penyebabnya itu dari bloggernya

    dapat dibuktikan saat aku matikan threaded comments bawaan blogger ini, do follow-nya langsung aktif kembali

    dan sekarang aku putuskan untuk tidak dofollow lagi karena trauma, kalau setiap ada fitur baru blogger, akan ada bug yg membuat dofollow tak berfungsi maka lebih baik aku ga dofollow lagi dah

    dan terakhir aku sendiri sudah berencana mau bikin artikel tentang hal ini

  8. r10 berkata:

    oh iya ini link penjelasan dari enny law hxxp://www.ngetik.com/dilema-blogger-threaded-comment/

  9. r10 berkata:

    konfirmasi telah aku publish yah, di sini

    hxxp://catatan-r10.blogspot.com/2012/02/dofollow-blog-tidak-bisa-diterapkan.html

    maaf aku tidak berniat membohongi publik, ini murni tidak disadari krn kupikir tidak ada bug dari fitur baru blogger

  10. r10 berkata:

    terima kasih telah mengingatkan gan 🙂

    aku ga marah kok, malah aku senang sudah diingatkan kalau di pesan kotak komentar masih ada tulisan “blog ini do Follow”

    sekarang sudah aku hapus psan tersebut, terima kasih telah mengingatkan 🙂

  11. admin berkata:

    oke mas sama2.. 😀

  12. robbiy berkata:

    siip sudah makasih yahh…….

  13. Baju wanita diskon berkata:

    Ih, bagus2 baju batik. Saya suka banget sama model baju gamis batik…

  14. Sanny berkata:

    Duh…, boleh minta tips ga…??? Gimana cie cara milih kebaya sebagai seorang remaja… ???

  15. Agus berkata:

    Wow.. luar bisa desiainnya , mantap dan kerennnnnn

  16. mifta cool berkata:

    SO cOOOOL…!!

  17. mifta cool berkata:

    SO COOL……..“!!!

  18. yendri berkata:

    asal mulanya gk ada tu
    kn payah kalaw anak sekolah cari tugas seperti itu

  19. sulistyo berkata:

    mantap gan… bs jadi rujukan blog ane nih… filatelisindonesia.wordpress.com

  20. CACA berkata:

    MBAK BISA MINTA KATALOGNYA N DAFTAR HARGA

  21. Nadya Salsabilla Dhea berkata:

    kok Provinsi Sulawesi Barat gk ada namanya…huft…

  22. indah berkata:

    kamu lagi ngapain
    kamu udah ngerjain pr belum

  23. Yusuf Fikri berkata:

    Pakaian Adat Sulawesi Barat kok gak ada kakak.?

  24. ktarino4 berkata:

    Visi kita kembali kepada”BHINEKA TUNGGAL IKA”,bahwa potensi dan keanekaragaman budaya melekat satu kesatuan sistem,komitmen bersama adalah: sumber daya manusia(civil societi), keadilan bersama, demokratisasi, insan religius, kesejahteraan( bangga, rasa memiliki, suka menggunakan pruduksi dalam negeri, dan melestarikan/asimilasi/alkulturasi, modernisasi budaya.

  25. afrida berkata:

    kebayanya bagus banget, kalau maulihat contoh kebaya modern untuk akad nikah yang bagus d mana ya?

  26. Putri Hasyim berkata:

    sist, PM harga nya dong 🙂

    tq

  27. Yaya Collections berkata:

    Bagus2 kebayanya..
    Nitip jualan gan, aneka koleksi kebaya modern, kebaya wisuda, kebaya pengantin dengan harga murah.
    Klik hxxp://yaya-collections.blogspot.com
    Banyak pilihan model dan warna.
    Terimakasih

  28. callista salma atthiya berkata:

    wah,pengetahuanku jadi banyak nih……

  29. callista salma atthiya berkata:

    wah bisa untuk ngumpulin tugas sekolah nih

  30. koko berkata:

    mas mau tanya berapa harga Baju Batik Modern Untuk Pria?

  31. Ida Indiana berkata:

    Aje gile ….mannntap, thanks infonya

  32. nenden berkata:

    ulasannya bagus dan menambah pengetahuan,bila ada waktu kunjungi juga blog saya di imaniar.blog.stisitelkom.ac.id/
    terimakasih 🙂

  33. joko susilo berkata:

    tari-tari rakyat lainnya juga belum,,,,,,,seperti topeng ireng, klana topeng, reog daerah lokal….dll………………… tambah terus infonya,,,,,,,,tanks bgt..

  34. Cak Yono berkata:

    Foto tari Jangget dari Lampung itu salah, yang benar adalah tari Gandrung dari daerah Banyuwangi (JATIM)

  35. Cantika Vita berkata:

    wow, keren 😀
    thanks ya infonya…

  36. admin berkata:

    Sama2 sist 😀

  37. desi berkata:

    aduh kapan yah anak indonesia dapat melestarikan kebudayaan sendiri

  38. kiki berkata:

    makasih sangat membatu dalam menyelesaika tugas sekolah.

  39. kiki berkata:

    maaf masih kurang,,Di indonesia kan ada 33 provinsi mohon di tambah 🙂

  40. Anonim berkata:

    saya mau tanya kalau tari angsa dari daerah mana ya??? 🙂
    Dan saya juga mau tanya kalau tari kijang dari daerah mana????
    dan sejarahnya…

    thank….

  41. yeah :p berkata:

    yeah

    .

  42. bang satya (bangsat) berkata:

    cara komen gimana ya? :v

  43. Anonim berkata:

    kok gx nyampe 33 provinsi ya admin

  44. rama yanuardana berkata:

    kok gx nyampe 33 provinsiy admin?

  45. DELECIA berkata:

    KALIAN PARA PENGOMENTAR TARIAN TRADISIONAL !!!!!!!!! MAU TAU KNPA PLJAR ATAU MURID ZAMAN SKRNG BELAJAR TARIAN DAN ASAL USUL NYA TARIAN INI ??????????????????????????ITU SUPAYA KITA TAU BETAPA KAYANYA INDONESIA DENGAN BERBAGAI SUKU DAN ADAT DI INDONESIA

  46. ddd berkata:

    makasih atas infonya

  47. EXWIN berkata:

    THANK YOU { TERIMA KASIH ]

  48. Anonim berkata:

    good afternoon

  49. makasih atas infonya ya

  50. Anonim berkata:

    Ajahahahahahahhahaha

  51. Anonim berkata:

    terimakasih

  52. Sam i di berkata:

    buanyak…

  53. ayu dewi berkata:

    bagus tuh……………………………………………………………………………#############

  54. Anonim berkata:

    kerenlah……………………..

  55. Anonim berkata:

    apik yo

  56. Amelia berkata:

    indonesia Hebattttt 😉

  57. ada bermacam-macam tari tradisional indonesia yang harus kita jaga agar tidak punah di telan jaman.

  58. ada bermacam-macam tari tradisional indonesia yang harus kita jaga agar tidak punah di telan jaman, kita wajib melestarikan tradisional indonesia, salam budaya indonesia

  59. buniamin berkata:

    untuk sahabat saya yang nuis pada weblog ini coba kata-kata yang ada di tarian untuk nusa tengara barat itu untuk direvisi ulang karena katanya disana mengenai nama nabi bukan nahi,,,,, jadi tolong di revisi ulang sebelum di baca ulang oleh orang banyak,

    terimakasih

  60. tari tradisional indonesia berkata:

    yth. admin azamku.com

    bang tolong komen saya yang tanggal
    28/11/2014 at 12:30 PM
    itu dihapus saja… mohon maaf
    kemaren salah ngisi linknya
    mohon maaf atas kesalahan tersebut dan membuat tidak nyaman

    terima kasih sebelumnya

  61. Masna Shaheer Maswa berkata:

    Bagus infonya,bkin saya banyak pengetahuan 🙂

  62. bagas saputra cah eromoko berkata:

    wowww

  63. Darin SM. berkata:

    Bagus banget tari tarian di indonesia.hmZzzz bagus bingit 😉

  64. putri berkata:

    keren banget top deh (Y)

  65. Darin SM. berkata:

    Keren baget keren,,,keren,,,,keren (y)

  66. Anonim berkata:

    Terima Kasih Banyaakk

  67. Ahmad adi prayoga berkata:

    itu yang benar blambangan cakil atau bambangan cakil

  68. Endia Pito Perangin - angin berkata:

    melayu semua atau tidak itu

  69. ummy c@'3m berkata:

    Indonesia keren banget,,,

  70. Nikolaus ES berkata:

    makasihhhhhhhhhhh 😀 banyak oi………… 😀 maksih skali lagi

  71. Anonim berkata:

    makasih ya udah bantuin aku ngerjain tugas

  72. Aurellia berkata:

    wauw

  73. Villa di Puncak berkata:

    Indonesia sangat kaya akan budaya, salah satunya tarian adat, semoga bangsa indonesia menjaga dan melestarikan kekayaan budayanya sebagai jati diri bangsa.

  74. makasihnya informasi nya

  75. 123 berkata:

    Trims infonya ya….
    Ditunggu info menarik lainnya 😀

  76. Saman berkata:

    Diantara banyak tarian di atas, bagi saya tari saman adalah yang terbaik

  77. Inzanami berkata:

    satu yang gak ada di indonesia, tarian mina hujan

  78. Santai Saja berkata:

    tiap daerah di Indonesia punya tarian tradisional ya, keren memang Indonesia.

  79. andrie berkata:

    lengkap bgt mas… makasih

  80. Tri Hidayati berkata:

    Alhamdulillah sangat membantu sekali dalam pembelajaran IPS untuk ana didik saya, trimakasih banyak atas postingannya

  81. Terima kasih banyak min aas informasinya

  82. Poros Bumi berkata:

    wah banyak banget ternyata

  83. adrie filemon berkata:

    izin kopas utk di print tgs sekolah yah :3

  84. Prithy Permatasari berkata:

    kak, izin copas buat tugas…makasih

  85. hijrah berkata:

    kok gk ada kepulauan bangka belitung

  86. otomuah.com berkata:

    mantab mas gann

  87. admin berkata:

    Silahkan mas, jangan lupa untuk di share ya mas artikel Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia ini. thanks atas kunjungannya

  88. marlan berkata:

    kurang ah min yang gua cari 34 tarian ini baru sebagian kurang 4 lagi. ane pusing nih min

  89. admin berkata:

    nanti saya tambahin ya mbak tari2an tradisionalnya, kalau ada kesempatan

  90. Rafael berkata:

    Tari tandak/ danding itu sebetulnya tari adat dari Manggarai Flores NTT, bukan dari Riau

  91. Marwan HK berkata:

    Terima kasih atas blognya.. Mohon izin mo copas buat di sekolahan…

  92. xabre berkata:

    mantabb tenan lengkapp rek

  93. Ari Al-Genseti berkata:

    Wah, mas izin untuk mengambil beberapa data mengenai tarian di atas untuk tugas pribadi saya boleh? hehe. 🙂

  94. ridwan hadif berkata:

    widiiiii gokil. cukup lengkap, mas. tapi jangan lupa tarian Tetek Alu. tari tradisional yang memaksa sang penari untuk bergerak lincah

  95. Akira berkata:

    Mantap infonya. Sangat membantu 😀

  96. dhyan berkata:

    woww lengkap.. thanks.. akhirx tugas aku selesai juga

  97. selltiket berkata:

    Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI HUBUNGI:
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

  98. Bermanfaat nih admin, dapat membantu anak-anak mengerjakan tugas sekolahnya. Terimakasih atas postingannya, salam.

  99. admin berkata:

    mantap mas, semoga usahanya lancar jaya 😀 ..

  100. icut berkata:

    kak izin kopas buat tugas ya

  101. roflan berkata:

    tari tandak itu bukan dari riau bro,,, dari manggarai,, NTT,,,,,sekedar info saja buat bro.

  102. Nanang berkata:

    Untuk goto tari jangget itu apa gak salah itu kan foto tari gandrung bang dan asalnya dari Banyuwangi bukan lampung

  103. tekoneko berkata:

    Kalimantan Selatan dengan tari Baksa Kembang dan Radap Rahayunya…. keren 🙂 terima kasih infonya gan…

  104. alfia berkata:

    Bagus sih….cmn kurang menyeluruh aja…nanggung klii udh 28 jdikn 34 dong kn bsa…tpi udh bgus kok👍👏

  105. muiz berkata:

    waah makasih ya infonya. ternyata indonesia memiliki beragam kebudayaan. dan tariannya sih kurang lengkap. mohon dilengkapi yah.

  106. VIARA RESKY berkata:

    websitenya bagus ni, tampilannya keren gak norak warna backgroud tidak terlalu mencolok jadi gak bikin mata sakit, tidak banyak iklan dan web ini lebih mengutamakan mesin pencarian jadi tidak bikin ribet menurut saya ini friendly banget buat user hihihi !!!

  107. VIARA RESKY berkata:

    websitenya sederhana, tetapi cukup menarik dan pada mesin pencarian membutuhkan loading yang lama tidak ada ikon buat memudahkan dan membatu user untuk mencari informasi ni hihihi

  108. Awidiot berkata:

    Saya lahir di Jawa Timur, besar di Pedalaman Kalimantan Barat diantara Suku Dayak, NTT, NTB, dan Sunda, sekarang sedang menuntut ilmu di Kota Pontianak diantara suku Melayu, Dayak, Madura, Bugis, NTT dll..saya bangga hidup di Indonesia..

  109. Olahragawan berkata:

    Ternyata masuk juga tari tanggai. Saya bangga menjadi orang Palembang. Hehehe

  110. CAH_GANTENG_93 berkata:

    WOW GOOD ,Admin saya ijin ngesave buat presentasi di sekolah

  111. Hendrik berkata:

    salah satu koreksi untuk anda…tari tandak dari riau itu tidak pas dengan pakaian adatnya…pakaian adat yang ditampilkan oleh si penulis justri pakaian adat manggarai yakni songket dari NTT…tarian yang sesuai dengan pakiannya adalah tarian sanda dari manggarai

  112. Mediamaya berkata:

    Sebagai warga ponorogo saya bangga karena tari reog sudah dikenal banyak orang 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*