Kenali Masalah Alergi Anak dan Mengenal 3 Jenis Alergi

Kenali Masalah Alergi Anak dan Mengenal 3 Jenis Alergi

Masalah alergi anak merupakan masalah yang sangat serius untuk diperhatikan bagi orang tua. Apalagi jika anak tersebut masih bayi atau balita, maka perlu diperhatikan dengan baik. Orang tua yang memiliki anak sedang sakit pasti sangat khawatir, untuk itu jangan sepelekan penyakit apapun yang menyerang si anak, termasuk penyakit alergi.

Penyakit alergi akan sangat mengganggu aktivitas anak, apalagi jika alergi tersebut berkelanjutan hingga dewasa. Banyak macam-macam alergi yang ada pada anak dan biasanya penyebabnya pun berbeda-beda. Alergi bisa saja disebabkan oleh faktor genetik artinya faktor keturunan, namun bukan berarti tidak ada faktor lain yang dapat menyebabkan timbulnya alergi. Berikut beberapa penyebab dari penyakit alergi yang ada pada anak adalah:

1. Alergi musim

Alergi musim merupakan jenis alergi yang bisa terjadi pada anak. Alergi ini timbul karena kekebalan tubuh anak tidak cocok terhadap cuaca tertentu. Jika anak memiliki alergi musim maka akan sangat terganggu sekali bagi anak, karena ia akan terserang alergi terus menerus saat pergantian musim setiap tahunnya.

2. Alergi debu

Alergi debu adalah salah satu jenis alergi yang disebabkan karena anak sangat sensitif terhadap kotoran debu. Jika anak mempunyai alergi debu, maka akan sangat terganggu sekali aktivitasnya. Karena debu ada dimana-mana dan sulit untuk dihindari.

3. Alergi makanan

Jenis alergi ini merupakan alergi yang ada pada anak karena disebabkan oleh penggunaan bahan makanan tertentu dimana ketahanan tubuh tidak dapat menerimanya. Jika anak mengalami atau memiliki penyakit alergi seperti ini maka jangan disepelekan karena jenis alergi ini sangat berbahaya pada anak. Sebab anak akan mengalami diare, muntah, dan lain sebagainya.

Jika telah mengetahui penyebab dan jenis alergi anak maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencegah penyebab alergi tersebut. jika anak memiliki alergi pada makanan tertentu, maka jangan berikan makanan itu pada anak sampai ia benar-benar telah sembuh dari penyakit alergi tersebut. alergi memang tidak dapat sembuh total karena biasanya alergi akan datang dan pergi secara tiba-tiba. Tetapi sebagai orang tua, kita perlu mencegahnya agak dapat menjaga kesehatan anak.