Gua Terdalam di Dunia

Gua Terdalam di Dunia – Bila kita berfikir tentang gua pasti terdapat di gunung atau bukit yang tidak dalam, tetapi ternyata ada gua yang memiliki kedalaman lebih dari 2.000 meter, itu merupakan gua paling fantastis di dunia. Mari kita lihat dimana gua tersebut, Gua Krubera atau disebut Gua Voronya ( Voronya Cave ) merupakan gua paling terdalam di dunia yang berada di Massif Arabika dari Wilayah Gagrinsky-Caucasus Barat, di distrik Gagra Abkhazia-Georgia

Gua Krubera berada kurang lebih 2.256 m diatas permukaan laut yang berada di lembah Ortobalagan. Banyak orang menyebutnya ” Everest From Cave ” karena memiliki kedalaman yang seperti tingginya sebuah gunung.

Krubera Cave 2Banyak peneliti memasuki gua ini untuk mengetahui tentang kedalaman, struktur gua dan bagaimana bisa terbuat sampai dengan kedalaman yang paling dalam. Adrenalin yang besar bagi peneliti terus mencoba sampai berapa dalam sebenarnya gua tersebut, sehingga bisa membuat rekor dari ukuran yang sudah ditetapkan.Tujuan dari eksplorasi gua untuk memahami gua dan sistem air bawah tanah apakah berhubungan dengan iklim kuno.

Pertama kali dilakukan explorasi pada tahun 2004 oleh Asosiasi Ekpedisi Ukraina yang mengukur sampai kedalaman lebih dari 2.000 m dan menetapkan kedalaman maksimum 2.191 m. Dengan menggunakan tali dan juga harus menyelam kedalaman air yang dingin sekali untuk mengetahui sampai mana kedalamannya.

Massif Arabika, merupakan rumah dari gua Krubera (Voronya), yaitu salah satu dari gunung tinggi dari kapur karst terbesar di Caucasus Barat. Gunung terdiri dari batu gamping yang kedalamannya terus menerus ke barat daya ke arah Laut Hitam.

Gua Krubera masih menjadi misteri yang terus diselidiki oleh para peneliti. Terbentuk dengan kedalaman yang fantastis pasti memiliki cerita yang logis pada masa lalu. Di antara beberapa ratus gua yang dikenal di Massif Arabika, lima belas telah dieksplorasi sampai kedalaman lebih dari 400 m dan lima gua sampai kedalaman lebih dari 1.000 m.

Keindahan alam yang tercipta ini merupakan kekuasaan yang diatas sehingga bisa terbentuk dengan cantik dan dalam. Sebagai manusia pasti memiliki penasaran yang tinggi dan terus meneliti bagaimana bisa terjadi.