Doa Menyembelih Hewan Qurban Idul Adha

Doa Menyembelih Hewan Qurban Idul Adha

Doa Menyembelih Hewan Qurban Idul Adha – Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan setelah menunaikan shalat Idul Adha. Penyembelihan hewan qurban hukumnya sunnah muakkad. Artinya, ibadah ini adalah bagian dari ibadah yang sangat dianjurkan.

Melaksanakan ibadah qurban dan penyembelihannya memiliki aturan-aturan sesuai dengan syariat Islam yang harus diikuti. Terdapat tata cara baku yang harus diikuti dalam penyembelihan qurban. Selain itu, untuk menyempurnakan ibadah tersebut, dianjurkan mengucap doa-doa menyembelih hewan qurban, yaitu sebagai berikut: “Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm” yang artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat-Mu dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrabku ini”.

Taqarrab diartikan sebagai pendekatan diri kepada Allah. Hal ini karena berkurban juga merupakan wujud atau bentuk ketaqwaan dan ketaatan kita sebagai hambanya kepada Allah SWT.

Terdapat beberapa tata cara yang harus dipahami seorang penyembelih hewan qurban. Sebelum membaca doa menyembelih hewan qurban tersebut, penyembelih wajib menghadapkan hewan qurban ke arah kiblat dan menjatuhkan hewan ke sisi kiri lambungnya, kemudian wajib membaca basmalah.

Tidak hanya itu, penyembelih juga harus membaca shalawat untuk Rasulullah SAW: “Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ Muhammad”. Artinya, “Ya Tuhanku, limpahkanlah rahmat untuk Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarganya”.

Lengkapilah bacaan tersebut dengan membaca takbir tiga kali dan tahmid satu kali sebelum mambaca doa menyembelih hewan qurban: “Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd”. Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu”. Kemudian dilanjutkan dengan doa untuk menyembelih qurban tersebut di atas.

Selain doa-doa tersebut, Anda juga harus menyiapkan pisau yang sangat tajam untuk menyembelih hewan qurban. Hal ini agar hewan qurban tidak merasa kesakitan saat disembelih. Namun, yang perlu diperhatikan pula, jangan mengasah pisau di depan hewan yang akan disembelih. Sebab, dikhawatirkan akan membuat hewan qurban merasa stress dan takut. Pada saat penyembelihan dimulai, pastikan tenggorokan, kerongkongan, dan urat leher langsung terputus secara bersamaan.