Cerita Lucu Abu Nawas Terbaru

Cerita Lucu Abu Nawas – Mungkin semua orang sudah kenal dengan Abu Nawas, beliau merupakan pujangga arab yang di lahirkan di kota Ahvaz di negeri Persia, dengan darah darah Arab dan Persia mengalir di tubuhnya tersebut. Abu Nawas dianggap sebagai salah satu penyair terbesar sastra Arab klasik. Abu Nawas juga muncul beberapa kali dalam kisah Seribu Satu Malam.

Ayahnya, Hani al-Hakam, merupakan salah satu anggota legiun militer Marwan II. Sementara ibunya bernama Jalban, seorang wanita Persia bekerja sebagai pencuci kain wol. Sejak kecil Abu Nawas sudah yatim. Sang ibu kemudian membawanya ke Bashrah, Irak. Di kota inilah Abu Nawas belajar berbagai ilmu pengetahuan.

Cerita Lucu Abu Nawas

Masa muda Abu Nawas muncul sebagai seorang yang kontroversial yang membuatnya tampil sebagai tokoh yang unik dalam sastra arab Islami. dalam Al-Wasith fil Adabil ‘Arabi wa Tarikhihi, Abu Nawas digambarkan sebagai penyair multivisi, penuh canda, berlidah tajam, pengkhayal ulung, dan beliau di dikenal sebagai tokoh terkemuka sastrawan angkatan baru. Namun sayang, karya-karya ilmiahnya justru jarang dikenal di dunia intelektual. Beliau hanya di pandang sebagai orang yang selalu bertingkah lucu dan tidak lazim. Berikut ini beberapa Cerita Lucu Abu Nawas :

CERITA LUCU ABU NAWAS I

 Ketika masih muda, Abu Nawas pernah bekerja di sebuah perusahaan jasa jahit pakaian. Suatu hari majikannya datang membawa satu kendi madu dan karena kuatir madu itu diminum Abu Nawas, maka majikannya berbohong dengan berkata, “Abu, kendi ini berisi racun dan aku tidak mau kamu mati karena meminumnya!!!”

Sang majikan pun pergi keluar, pada saat itu Abu Nawas menjual sepotong pakaian, kemudian menggunakan uangnya untuk membeli roti dan menghabiskan madu itu dengan rotinya.

Majikannya pun datang dan sadar bahwa pakaian yang dijualnya ternyata kurang satu sedangkan madu dalam kendi juga telah habis. Bertanyalah dia pada Abu Nawas, “Abu!!! Apa sebenarnya yang telah terjadi..?”.

Abu Nawas menjawab, “Maaf tuan, tadi ada seorang pencuri yang mencuri pakaian tuan, lalu karena aku takut akan dimarahi tuan, jadi aku putuskan untuk bunuh diri saja menggunakan racun dalam kendi itu…”.

 

CERITA LUCU ABU NAWAS II

Ada yang bilang Abu Nawas adalah ‘gurunya’ Gus Dur untuk bertindak dan mengakali orang. Dalam suatu kesempatan ada cerita Abu Nawas yang ingin diberikan hukuman karena dianggap melakukan salah.

Suatu ketika Abu Nawas datang ke hadapan Amirul Mukminin, seraya membawa kendi yang biasa digunakan untuk menyimpan khamr (arak/minuman keras). Melihat hal ini, Amirul Mu’minin berseru kepada pengawalnya.

 

“Cepat cambuk Abu Nawas sebagaimana orang yang telah minum khamr.”

Abu Nawas protes berat.

 

“Yaa Amirul Mu’minin, mengapa saya dihukum cambuk, padahal saya tidak minum khamr?” protes Abu Nawas.

“Itu karena kamu membawa kendi yang biasa digunakan untuk minum khamr,” jawab Amirul Mukminin.

“Jika memang demikian, maka hukum saya dengan hukuman cambuk sebagaimana orang berzina,” sahut Abu Nawas.

 

“Mengapa demikian,” tanya Khalifah.

“Karena saya juga membawa ‘alat’ yang biasa digunakan untuk berzina,” jawab Abu Nawas.

Mendengar jawaban Abu Nawas, khalifah tertawa…lalu membebaskan Abu Nawas dari segala hukuman dan memberikan uang sebagai hadiah.