Cara Menghitung Berat Badan Yang Ideal Pada Wanita Dan Pria

Cara Menghitung Berat Badan Yang Ideal

Cara Menghitung Berat Badan Yang Ideal – Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan setiap orang, beruntunglah mereka yang memiliki lemak baik dengan kadar yang mencukupi. Tapi, tidak semua orang seberuntung itu, ada banyak orang yang mengalami kekurangan lemak, orang ini biasanya bertubuh kurus dengan indeks massa tubuh di bawah normal.  Dan ada juga yang kelebihan lemak, orang ini biasanya bertubuh gemuk dan tentunya indeks massa tubuhnya diatas normal.

Lantas, bagaimana cara mengetahui kalau berat badan atau indeks massa tubuh ideal atau tidak? untuk mengetahui berat badan yang ideal tidak hanya berpatokan pada timbangan saja, karena ada standar tertentu yang harus terpenuhi sehingga bisa di katakan ideal menurut badan kesehatan dunia.

Ada dua rumus yang sering dijadikan acuan dalam menghitung berat badan ideal yaitu rumus BMI (body mess index/Indeks massa tubuh), dan rumus Brocha.

Cara Menenghitung Berat  Badan Ideal dengan Rumus BMI

BMI (Body Mess Index) atau biasa juga disebut dengan IMT (Indek Massa Tubuh) merupakan perhitungan kalkulasi yang memadukan antara tinggi dan berat badan seseorang, rumus ini paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.  Pada dasarnya perhitungan BMI pada wanita dan pria yang berusia diatas 20 tahun dalah sama, yang biasa berbeda cuma untuk yang dibawah 20 tahun. Rumus BMI atau IMT ini sudah distandarkan WHO, yang mana nilainya akhirnya akan menentukan apakah seseorang kurus, ideal, gemuk atau bahkan obesitas. Berikut adalah rumusnya

Cara Menenghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Misalnya, jika seseorang memiliki berat 60Kg dengan tinggi badan 169Cm, maka hitungan berdasarkan BMI atau IMTnya adalah

  • BMI = 60Kg : (1,69 x 1,69M) = 60 : 2.8561 = 21,01, Maka indeks massa tubuh orang tersebut adalah 21,01

* Perlu diingat bahwa BMI tidak dapat diaplikasikan kepada anak-anak, wanita hamil, orang berotot, dan orang tua.

Standar BMI Untuk Wanita
NILAI BMI

(Kriteria WHO, Kg/)

KATEGORI
BMI <18 Under Weight/BB Kurang – Sebaiknya memulai program untuk menambah berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga teratur.
BMI 18-24,9 Normal Weight/Normal – Sangat bagus, ini menunjukkan kalau berat badan anda ideal.
BMI 25-27 Over Weight/Kegemukan – Warning, sebaiknya anda mengurangi mengkonsumsi lemak berlebih. Usahakan olahraga minimal 2 kali dalam seminggu.
BMI >27 Obesitas – Sebaiknya anda segera melakukan program  menurunkan berat badan, Karena sudah tergolong obesitas/terlalu gemuk dan sangat tidak baik bagi kesehatan
Standar BMI Untuk Pria
NILAI BMI

(Kriteria WHO, Kg/)

KATEGORI
BMI <17 Under Weight/BB Kurang – Sebaiknya memulai program untuk menambah berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga teratur.
BMI 17-22,9 Normal Weight/Normal – Sangat bagus, Selamat anda adalah pria berbadan ideal
BMI 23-27 Over Weight/Kegemukan – Warning, sebaiknya hati-hati dalam memilih makan. Dan banyak-banyak olahraga
BMI >27 Obesitas   –  Anda sudah tergolong obesitas/terlalu gemuk dan sangat tidak baik bagi kesehatan, sebaiknya lakukan program untuk menurunkan berat badan.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Brocha

Rumus yang kedua ini adalah Brocha atau biasa disebut dengan Devine, seperti dilangsir halls.md berikut ini adalah rumus Brocha adana devine :

  • Berat badan ideal wanita = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))
  • Berat badan ideal pria = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

Contoh: Jika seorang wanita dengan tinggi badan 165Cm dan Pria memiliki tinggi badan 170Cm, maka berapa berat badan ideal wanita dan pria tersebut?

  • Berat badan ideal wanita = (165 – 100) – (15% x (165– 100)) = 65 – (15% x 65)  = 65 – 9,75 = 55,25Kg, Maka berat badan ideal wanita tersebut dengan tinggi 165 adalah 55,25Kg
  • Berat badan ideal pria = (170 – 100) – (10% x (170 – 100)) = 70 – (10% x 70) = 70 – 7 = 63Kg, Maka berat badan ideal pria tersebut dengan tinggi 170 adalah 63Kg

Kedua rumus diatas bisa anda jadikan sebagai acuan untuk mengukur berat badan ideal anda, pilih yang mana menurutmu paling gampang untuk digunakan. Salah satu untuk menjaga kesehatan anda adalah dengan menjaga berat badan, jangan sampai sampai berlebihan, ataupun kekurangan karena itu tidak baik dalam kesehatan.

Save