Saturday, 30 August 2014

Cara Mengatasi Asam Urat

Cara Mengatasi Asam Urat – Penyakit radang sendi erat sekali hubungannya dengan asam urat. Kadar asam urat yang meninggi dalam darah adalah ciri-ciri penyakit asam urat yang manifestasinya dapat pada persendian. Namun ada kalanya walaupun tinggi, belum tentu terjadi radang sendi. Pada perjalanan penyakit yang menahun dapat timbul benjolan-benjolan yang disebut tofi.

Kalau diperiksa teliti, di dalamnya berisi cairan putih yang mengandung kristal urat. Kadang-kadang kalau dibiarkan akan pecah sendiri dan dari luka akan mengalir lelehan putih seperti susu. Sebelum penyakit menjadi menahun, penderita akan mengalami rasa sakit hebat yang menyerang jempol kaki.

penyakit asam urat adalah 300x232 Cara Mengatasi Asam Urat

Umumnya sendi tungkai bawah yang diserang penyakit asam urat, termasuk sendi jari kaki, sendi kaki dan sendi lutut. Biasanya sebelum serangan, orang tampak sehat-sehat saja. Pada tengah malam menjelang pagi orang terbangun karena merasa sangat kesakitan di daerah yang terserang. Rasa sakit seperti terkilir atau disiram air dingin, kemudian diikuti rasa menggigil dan demam. Rasa sakit sedemikian hebatnya sehingga sepanjang malam tidak dapat tidur. Bahkan terkena kain selimut saja sudah terasa sangat sakit. Yang menarik, apabila tidak diobati maka rasa sakit akan makin berkurang dan akhirnya hilang dalam waktu 2-3 minggu. Bengkak yang mula-mula menyertai rasa sakit pada daerah yang terkena akan mengempis dan kulit di daerah itu seperti terkelupas. Serangan ini dapat timbul kembali dan sebelum menjadi menahun serangan akan semakin sering terjadi.

Pada pemeriksaan radiologis akan tampak adanya monosodium urat di sekitar jaringan yang terkena. Selain itu, kadar asam urat yang tinggi dapat pula menyerang ginjal sehingga dapat terjadi gangguan fungsi disertai adanya hipertensi. Tampak juga timbulnya diabetes mellitus, kekakuan pembuluh darah jantung dan otak serta kenaikan trigliseride dalam darah. Kadar asam urat yang meninggi dapat pula menyebabkan terjadinya batu asam urat di dalam kandung kemih. Pengaruh kurangnya air seni memegang peranan penting karena adanya gangguan ginjal.

Penyakit asam urat erat kaitannya dengan pola makan penderita. Perlu diketahui bahwa penyakit asam urat sangat erat berkaitan dengan kandungan zat purin yang tinggi. Lalu apa saja makanan yang menjadi pantangan penyakit asam urat? Ada banyak makanan yang seharusnya dihindari oleh penderita asam urat diantaranya ialah jerohan dari hewan konsumsi meliputi hati ,limpa, ginjal, usus, babat, otak dan paru. Juga bermacam-macam hewan laut seperti kerang, kepiting, cumi juga udang. Ada juga sayuran yang sebaiknya dihindari yaitu bayam, daun singkong, kangkung, asparagus, buncis dan kembang kol. Dari jenis buah-buahan meliputi alpukat, durian dan nanas. Minuman beralkohol seperti wiski, tuak, anggur juga wajib dijauhi. Terakhir adalah telur, daging hewan konsumsi serta kaldu yang kental.

Begitu banyaknya makanan dan minuman yang menjadi pantangan penyakit asam urat maka adalah perlu untuk menerapkan diet asam urat. Untuk mengetahui diet apa yang sesuai dengan penderita asam urat maka mau tak mau berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi layak dilakukan. Diet asam urat antara penderita satu dengan penderita lain adalah berbeda, maka hanya dokter atau ahli gizi yang paham mana diet yang sesuai.

Demikian bahasan kali ini. Semoga bermanfaat untuk Anda. Salam dan selamat membaca cara mengatasi asam urat.

Bisnis Agen Tiket Pesawat !! Modal 500rb
Peluang Usaha Agen Tiket Pesawat Mudah, Fleksibel, Menguntungkan, Komisi besar full NTA, Realtime Bisa daftarakan Sub Agen unlimited, DAFTAR SEGERA..!!!

Related Posts to "Cara Mengatasi Asam Urat"

Response on "Cara Mengatasi Asam Urat"