Benteng Kuto Besak

Berkunjung ke Benteng Kuto Besak, Keraton Unik dari Putih Telur

Mungkin jika diajak berkunjung ke benteng, beberapa dari kamu akan menolak karena tak mau diajak melihat reruntuhan bangunan. Namun, kalau kamu diajak berkunjung ke Benteng Kuto Besak Palembang, jangan pernah sekali-kali menolak karena kamu pasti akan menyesal.

Benteng Kuto Besak adalah sebuah bangunan keraton yang telah berdiri sejak abad ke-17. Benteng Kuto Besak yang terletak di tepi Sungai Musi ini, akan menjadi sebuah pilihan wisata yang tepat kalau kamu sedang berkunjung ke ibukota Provinsi Sumatera Selatan.

Liburan ke Benteng Kuto Besak adalah salah satu favorit bagi masyarakat Palembang dan sekitarnya. Benteng yang juga sering disingkat sebagai BKB ini, juga mulai dikenal oleh turis dari luar kota. Rasanya belum lengkap kalau ke Palembang tanpa singgah untuk wisata di Benteng Kuto Besak.

Sejarah Benteng Kuto Besak memiliki cerita yang cukup panjang. Benteng Kuto Besak ini bukanlah semata-mata benteng yang dibangun sebagai sarana pertahanan perang, melainkan sebuah keraton. Sultan Mahmud Baddarudin I adalah pemilik ide awal dari pendirian Benteng Kuto Besak. Ia merupakan sultan yang memerintah Palembang sekitar tahun 1724 hingga 1758 Masehi.

Pembangunan Benteng Kuto Besak cukup unik. Kalau benteng-benteng yang lain menggunakan semen untuk membangunnya, Benteng Kuto Besak justru dibangun dengan menggunakan campuran perekat dari batu kapur dan putih telur. Wow!

Meskipun tampaknya sepele, bahan yang unik ini ternyata cukup kokoh hingga Benteng Kuto Besak dapat berdiri hingga belasan abad kemudian. Sekarang, kamu dapat berlibur ke Benteng Kuto Besak dan membuktikan sendiri seperti apa megahnya benteng indah kebanggaan Kota Palembang.

Jika wisata ke Benteng Kuto Besak, kamu bisa sekaligus menikmati panorama aliran Sungai Musi. Yap, benteng ini memang terletak di tepi Sungai Musi yang terkenal itu.

Jalan-jalan ke Benteng Kuto Besak dan memandang Sungai Musi dari kejauhan adalah cara alternatif untukmu menikmati indahnya Sungai Musi tanpa harus menyewa perahu. Saat terbaik untuk menikmati pesona Sungai Musi dari Benteng Kuto Besak adalah pada saat sunset, atau pada malam hari saat lampu-lampu indah mulai dinyalakan untuk menerangi malam.

Kalau sudah bosan mengobrol atau mengelilingi kawasan Benteng Kuto Besak, kamu boleh mulai menjelajah resto-resto di sekitar Benteng Kuto Besak dan Sungai Musi. Wisata kuliner di sekitar sini akan membuatmu menyerah sampai kekenyangan, saking banyaknya pilihan makanan yang bisa kamu cicipi satu per satu.

Jangan lupa pula, untuk menuju ke Benteng Kuto Besak, kamu harus mencoba naik becak motor alias bentor Khas Palembang. Meskipun saat ini bentor sudah mulai dilarang untuk masuk jalan protokol demi ketertiban lalu lintas kota, rasanya kalau ke Palembang tanpa mencoba naik bentor takkan lengkap. Kamu harus pandai mengeksplorasi hal-hal menarik di sekelilingmu jika sedang berkunjung ke Kota Pempek ini.

Lokasi dari Benteng Kuto Besak adalah di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Yang menarik, benteng ini terus buka selama 24 jam.

Nah, kapan lagi kamu akan menemukan tempat wisata seunik dan seelok benteng Kuto Besak Palembang? Cek harga tiket pesawat sekarang juga dan buruan terbang ke Palembang.

Untuk masuk ke dalam area wisata Benteng Kuto Besak, kamu hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000,- per orang. Kabarnya, kalau kamu membawa rombongan, harga tiket ini juga bisa di nego, lho.

Selamat jalan-jalan, ya!