Home » Lifestyle » 8 Cara Cerdas Berbelanja Natal Yang Hemat dan Menyenangkan

8 Cara Cerdas Berbelanja Natal Yang Hemat dan Menyenangkan

8 Cara Cerdas Berbelanja Natal Yang Hemat dan Menyenangkan – Hari Raya Natal sudah dekat, berbagai pusat perbelanjaan mulai dari mall hingga online berlomba-lomba memasang promo dan diskon harga sejak awal bulan Desember. Ada banyak penawaran barang menarik dengan harga yang menggiurkan, sebab memang momen ini kerap dimanfaatkan banyak orang untuk berbelanja kado Natal dan keperluan Natal lainnya.

8 Cara Cerdas Berbelanja Natal Yang Hemat dan Menyenangkan

8 Cara Cerdas Berbelanja Natal Yang Hemat dan Menyenangkan

Pengalaman berbelanja menjelang Natal di negara mana pun selalu menjadi momen menyenangkan bagi setiap keluarga, tapi perlu hati-hati sebab di momen ini juga lah banyak orang yang menghabiskan pengeluaran terbesarnya tanpa disadari.

Nah, bagaimana caranya agar momen berbelanja Natal Anda tetap menyenangkan tanpa mengorbankan seluruh simpanan uang Anda? Simak cara cerdas berbelanja akhir tahun dan berbelanja Natal yang hemat berikut ini.

1.  Catat dan Buat Daftar Belanja

Jangan pernah mulai berbelanja tanpa daftar barang yang hendak Anda beli. Buat daftar barang yang Anda perlukan dan barang-barang yang akan Anda pakai, lalu tepati daftar tersebut. Anda mungkin bisa mengurangi pengeluaran belanja barang hingga 40 % kalau pakai list, dibandingkan kalau tidak memakainya.

2.  Persiapkan Anggaran

Anda harus tahu berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk berbelanja dan bagaimana cara Anda akan membayarnya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa Anda bisa menghemat pengeluaran belanja sekitar 20% hingga 50% kalau menggunakan uang tunai alias cash.

3. Tentukan Tempat Berbelanja

Jangan hanya membuat daftar barang-barang yang akan dibeli, tapi buat juga daftar tempat berbelanja yang ingin Anda datangi, lalu fokus untuk membeli barang apa Anda datang ke sana.

4.  Perlu Atau Tidak Perlu Membeli

Tanyakan pada diri Anda sendiri setiap kali tertarik pada suatu barang, apakah Anda memerlukannya atau tidak? Semakin lama Anda berpikir untuk memutuskan membeli, maka semakin kecil kemungkinan Anda membelinya. Bayangkan berapa banyak perhatian dan waktu terbuang hanya untuk sebuah produk yang tidak Anda butuhkan, jadi jangan termakan olehnya.

5.  Hindari Kelelahan Berbelanja

Batasi waktu berbelanja Anda, setidaknya sampai dua jam saja. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari kelelahan yang akan berdampak buruk pada kebijaksanaan untuk memutuskan membeli suatu barang.

6.  Berbelanja Online

Lupakan keinginan pergi ke mall atau toko-toko, lalu hindari keramaian saat menjelang Natal dengan berbelanja online. Anda bisa berhemat sekitar 10% hingga 60% untuk semua produk mulai dari buku sampai elektronik. Pastikan Anda mendapat biaya pengiriman murah atau bebas biaya kirim sebelum melakukan transaksi online. Lagian, barang-barang yang dibeli secara online akan langsung dikirim dari gudang ke tangan Anda, di mana kondisi barang masih betul-betul baru dan terjaga.

7.   Beranikan Diri Minta Diskon

Anda mungkin akan terkejut setelah berani bertanya pada petugas toko atau manajer toko, soal diskon harga untuk barang yang Anda beli. Kadang-kadang ada retail yang bisa memberikan diskon 10% hingga 20% di luar promo diskon terpampang, kalau Anda memintanya. Lumayan kan untuk menghemat pengeluaran belanja Anda. Jadi cuek saja minta diskon, kalau sekiranya memungkinkan.

8.  Bungkus Kado Pakai Kertas Daur Ulang

Membeli kertas kado atau box cantik untuk membungkus hadiah Natal bisa memakan anggaran biaya yang cukup besar, apalagi kalau kado Anda lumayan banyak. Anda bisa berhemat dan menyiasatinya dengan memakai kertas daur ulang, kertas koran, kertas meteran, atau bekas kemasan barang yang bisa digunakan kembali. Anda bisa menghiasnya sesuai kreasi original Anda agar tetap tampak menarik saat dipajang di bawah pohon Natal.

Kunjungi kerabat dan keluarga Anda yang berada di luar kota atau luar negeri, untuk merayakan Hari Natal bersama. Anda bisa memesan tiket pesawat promo yang banyak ditawarkan travel online. Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui situs pembelian tiket online.

 

loading...
Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di otiketindonesia.com. Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda.