4 Resep Tradisional Obat Batuk Anak 2 Tahun dari Bahan Alami

4 Resep Tradisional Obat Batuk Anak 2 Tahun dari Bahan Alami

Obat Batuk Anak 2 Tahun – Memilih obat batuk anak 2 tahun tidak boleh salah, bahkan para orang tua dianjurkan supaya tidak sembarangan membeli obat batuk anak yang dijual di pasaran. Pasalnya ada beberapa zat yang dianggap berbahaya untuk anak-anak. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa resep obat batuk tradisional untuk anak usia 2 tahun. Mengingat saat sedang batuk, anak harus segera diobati supaya tidak semakin parah.

Cara Membuat Sendiri Obat Batuk Anak 2 Tahun

Bagi Anda yang tidak ingin lembur semalaman karena anak rewel akibat batuk, sebaiknya Anda buat sendiri obat tradisional yang bisa meredakan batuk si anak. Ketimbang terburu-buru membeli obat di apotek, sebaiknya Anda pergi ke dapur dan mencari beberapa bahan alami yang bisa dibuat menjadi obat. Bahan-bahan apa saja yang bisa dibuat menjadi obat batuk anak 2 tahun? Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Kunyit

Pertama Anda bisa menggunakan kunyit, bahan yang pasti sangat mudah ditemukan di dapur. Selain bisa menjadi bumbu masakan, para ibu juga bisa menggunakan kunyit untuk mengobati batuk anak. Potong dan cuci kunyit sampai bersih, lalu oleskan pada puting susu ibu. Lakukan cara ini saat si anak hendak minum ASI. Selain bisa dilakukan untuk anak usia 2 tahun, cara ini juga efektif dilakukan untuk anak yang usianya belum 1 tahun. Selain mengandung antimikroba, kunyit juga bersifat antiradang dan antivirus sehingga sangat baik untuk mengatasi batuk.

  1. Jahe

Selain kunyit, bahan lain yang bisa dibuat menjadi obat batuk anak 2 tahun adalah jahe. Dengan mengonsumsi jahe, tenggorokan bisa lebih hangat sehingga akan meredakan batuk. Untuk membuat ramuan tradisional ini, silahkan rebus rempah jahe selama kurang lebih 10 menit. Setelah mendidih, tunggu beberapa saat sampai hangat, lalu saring airnya. Diamkan dulu sampai airnya mengental. Kemudian buatlah adonan tersebut menjadi bulat seperti kelereng. Tambahkan gula putih halus, lalu dinginkan. Obat batuk ini pasti akan disukai anak karena rasanya yang unik.

  1. Madu

Obat batuk anak 2 tahun berikutnya adalah madu. Tidak perlu repot, Anda hanya perlu memberikan madu murni kepada si anak. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah dosisnya. Untuk anak usia dua tahun, madu bisa diberikan dengan takaran 1 s.d. 2 sendok teh di malam hari sebelum tidur. Berikan madu secara rutin supaya batuk si anak segera mereda dan bisa tidur nyenyak di malam hari. Tapi madu tidak dianjurkan untuk anak yang usianya belum 1 tahun.

  1. Daun Kemangi

Obat batuk anak tradisional dari daun kemangi ini mungkin jadi yang paling tidak disukai oleh anak, karena rasanya memang tidak enak. Namun demikian, jangan ragukan khasiat daun kemangi. Bahan yang satu ini adalah bahan alami yang efektif meredakan batuk anak. Cukup rebus daun kemangi sampai mendidih, saring airnya, lalu tambahkan beberapa sendok madu. Sajikan secara hangat dan berikan kepada anak setiap hari sampai batuknya sembuh.

Itu dia empat ramuan obat batuk anak 2 tahun yang dipercaya bisa memberikan efek yang cepat dan lebih aman jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang dijual di pasaran. Namun apabila batuk anak tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter. Barangkali saja batuk tersebut bukanlah batuk biasa, melainkan gejala penyakit yang serius. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (*dedaunan.com)