Jumlah dan Nama 34 Provinsi di Indonesia Beserta Ibukotanya

34 Provinsi di Indonesia

JUMLAH PROVINSI DI INDONESIA 2017

Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke, 9.634 diantaranya adalah pulau yang belum memiliki nama. Indonesia merupakan negara yang berpenduduk terbesar keempat di dunia dengan populasi lebih dari 258 juta jiwa penduduk pada tahun 2016, dan menjadi negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia  dengan lebih dari 207 juta jiwa.

Jumlah provinsi di Indonesia ada 34 Provinsi pada 2017 yang terdiri dari berbagai suku bangsa, budaya, bahasa dan agama, dengan tradisi yang berbeda-beda di masing-masing provinsi. “Bhinneka tunggal ika” adalah semboyang nasional Indonesia yang artinya biar “Berbeda-beda namun tetap satu”, karena memang keberagaman yang membentuk negara. Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas, Indonesia juga memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia. Sedangkan untuk luas negara Indonesia sendiri, kurang lebih 5.193.250 km dengan meliputi lautan dan daratan, dan jumlah sukunya mencapai 1.340 suku dengan 748 bahasa.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa jumlah provinsi yang ada di Indonesia adalah 35 dengan memasukkan Teluk cendrawasih sebagai provinsi terakhir. Mungkin pendapat tersebut mengacu pada rilisan kemendagri pada 12 Desember 2012 melalui website resminya dengan mengatakan “Hari ini, Provinsi Teluk Cenderawasih di deklarasikan” berkaitan dengan pemekaran Provinsi Teluk Cenderawasih.

Tapi nyatanya, sampai saat ini jumlah provinsi di Indonesia masih 34 provinsi seperti  yang tertulis di website resmi kemendagri. Berikut ini

NAMA-NAMA 34 PROVINSI DI INDONESIA BESERTA NAMA IBUKOTANYA

NO NAMA PROVINSI NAMA IBUKOTA
1 Nanggroe Aceh Darusalam (NAD) Banda Aceh
2 Bali Denpasar
3 Bangka Belitung Pangkal Pinang
4 Banteng Serang
5 Bengkulu Bengkulu
6 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Yogyakarta
7 Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) Jakarta
8 Gorongtalo Golongtalo
9 Jambi Jambi
10 Jawa Barat Bandung
11 Jawa Tengah Semarang
12 Jawa Timur Surabaya
13 Kalimantan Barat Pontianak
14 Kalimantan Selatan Banjarmasin
15 Kalimantan Tengah Palangkaraya
16 Kalimantan Timur Samarinda
17 Kalimantan Utara Tanjung Selor
18 Kepulauan Riau (Kepri) Tanjung Pinang
19 Lampung Bandar Lampung
20 Maluku Ambon
21 Maluku Utara Ternate
22 Nusa Tenggara Barat (NTB) Mataram
23 Nusa Tenggara Timur (NTT) Kupang
24 Papua Jayapura
25 Papua Barat Manokwari
26 Riau Pekanbaru
27 Sulawesi Barat Mamuju
28 Sulawesi Selatan Makassar
29 Sulawesi Tengah Palu
30 Sulawesi Tenggara Kendari
31 Sulawesi Utara Manado
32 Sumatra Barat Padang
33 Sumatra Selatan Palembang
34 Sumatra Utara Medan

Jumlah provinsi yang tersebut diatas bukanlah sebuah kepastian, bisa saja berubah seiring berjalannya waktu. Terbukti pada waktu awal kemerdekaan Indonesia hanya memiliki 8 provinsi saja, namun pada masa orde baru provinsi di Indonesia bertambah menjadi 27 provinsi dan saat ini jumlahnya semakin bertambah menjadi 34 dengan provinsi terbaru yaitu Provinsi Kalimantan Utara dengan ibukotanya di Kota Tanjung Selor.

Baca Juga : Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia

Kemungkinan besar jumlah provinsi yang ada di Indonesia akan terus bertambah seiring dengan bertambah pesatnya jumlah penduduk Indonesia. Tahun 2016 lalu Madura juga sempat mendeklarasikan diri untuk menjadi provinsi, tapi berhubung karena belum memenuhi syarat maka pemerintah pusat belum menyetujui terbentuknya provinsi madura tersebut, sehingga sampai saat ini Jumlah Provinsi Di Indonesia masih berjumlah 34 provinsi.