Home » Pendidikan » 10 Hewan Langka Di Indonesia

10 Hewan Langka Di Indonesia

10 Hewan Langka Di Indonesia – Indonesia terkenal dengan kekayaan flora dan fauna. Termasuk flora dan fauna langka juga terdapat di Indonesia. Sudah menjadi penyakit kronis di negara-negara berkembang terjadi perburuan hewan-hewan langka. Masalahnya klasik, ekonomi. Di pasar luar negeri, karena memang langka, harga jual hewan-hewan ini menyilaukan mata para pemburu. Untuk itulah Indonesia membuat suatu undang-undang yang mengatur hewan langka yang dilindungi di indonesia. Berikut adalah 10 hewan langka di indonesia dan penjelasannya.

1. Orang Utan (latin : Pongo Pygmaeus)
Ciri khas hewan langka ini ialah mempunyai rambut yang begitu panjang dibandingkan jenis kera lain. Buah-buahan adalah makanan utama dan juga kesukaannya. Di indonesia, wilayah  penyebarannya adalah dataran rendah juga hutan hujan tropis di pulau Kalimantan.

Orang Utan

2. Badak Bercula Satu (latin : Rhinoceras Sundaicus)
Adalah salah satu hewan langka khas indonesia. Walau sekarang sudah tidak banyak, hanya sekitar 50 ekor saja dapat ditemukan di hutan ujung kulon. Merupakan hewan herbivora pemakan daun-daunan.

Badak Bercula Satu (Rhinoceras Sundaicus)

3. Badak bercula Dua (latin : Dicerorhinus Sumatrensis)
Hampir mirip dengan badak bercula satu, hanya cula dibagian depan yang berjumlah dua. Hanya ditemukan di wilayah Sumatera.

Badak bercula Dua (Dicerorhinus Sumatrensis)

4. Musang Congkok (latin : Prionodon Linsang)
Dengan berat mencapai 5 kg dan mempunyai panjang sekitar 71 cm hewan ini cukup gesit untuk memanjat pepohonan. Di temukan di wilayah pegunungan Aceh dan Sumatera Barat. Mamalia kecil dan beberapa jenis serangga adalah makanan kesukaannya.

Musang Cangkok (Prionodon Linsang)

5. Singapuar (latin : Tarsius Bancanus)
Dijuluki sebagai primata terkecil di dunia. Mempunyai berat tubuh antara 80 – 140 gram dan panjang cuma 12 – 15 cm cukup layak bila disebut primata terkecil. Walaupun mempunyai sepasang mata yang besar yang ukurannya melebihi volume otaknya tapi hanya dapat digunakan pada malam hari saja. Mirip dengan burung hantu. Kepulauan Riau, kepulauan kalimantan dan sumatera bagian selatan juga tenggara adalah habitat aslinya.

Singapuar (Tarsius Bancanus)

6. Ikan Belida (latin : Notopetrus Chitala)
Dengan panjang tubuh mencapai 87, 5 cm dan berat tubuh dapat mencapai 1 kg, cukup besar untuk ukuran ikan air tawar. Bentuk tubuhnya seperti pisau dan  makanan kesukaannya adalah ikan-ikan kecil juga udang. Perairan air tawar di wilayah jawa dan kalimantan merupakan habitat aslinya.

Ikan Belida (Notopetrus Chitala)

7. Harimau Sumatera ( latin : Panthera Tigris Sumatrae)
Memprihatinkan karena jumlah semua harimau sumatera hanya tinggal sekitar 500 ekor. Penebangan hutan yang serampangan dan perburuan liar dituding sebagai penyebab langkanya harimau ini. Hanya terdapat di hutan sumatera.

Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae)

8. Anoa ( latin : Bubalus Depressicornis)
Sekilas lebih mirip kambing dengan ukuran yang besar. Yang membedakan dengan kambing selain ukuran tubuhnya yang besar adalah adanya tanduk runcing yang mencapai 30 cm panjangnya. Adalah termasuk mamalia yang mempunyai kuku genap. Mempunyai habitat asli di wilayah sulawesi.

Anoa (Bubalus Depressicornis)

9. Burung Elang Jawa ( latin : Spizaetus Bartelsi)
Mempunyai bentuk yang gagah, sayang populasinya hanya tinggal 250 ekor saja. Tersebar hampir merata di sekitar hutan di pulau jawa seperti di gunung slamet, gunung salak, gunung anjasmoro, gunung kawi, taman nasional baluran, taman nasional alas purwo taman nasional gunung halimun, taman nasional gede pangrango dan taman nasional muara betiri.

Burung Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi)

10. Babirusa (latin : babyrousa babyrussa)
Buah-buahan, tumbuh-tumbuhan, jamur dan dedaunan merupakan makanan yang biasa disantap sehari-hari. Mempunyai taring yang mencuat keluar sebagai tameng mata dari duri dan rotan ketika mereka mencari makan. Habitatnya meliputi pulau sulawesi, kepulauan maluku dan sekitarnya.

Babirusa (Babyrousa Babyrussa)

Demikian tadi artikel kali ini yang berjudul 10 Hewan Langka Di Indonesia dan keterangannya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Salam dan selamat membaca 10 Hewan Langka Di Indonesia.

loading...
Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di otiketindonesia.com. Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda.

42 Responses for 10 Hewan Langka Di Indonesia

  1. Anonim berkata:

    kurang akeh

  2. lisha saputry berkata:

    Mbok zk akh ogt jh0nt…

  3. lisha ingienthhy bhgiiea denganmhuu berkata:

    .,trimzzz. . .
    ,
    .

  4. Bagusnya hewan” itu .
    Jaga trus jangan sampek punah oke

  5. Anonim berkata:

    Yg Coment, bagus Tolol Jelek kya gini di bilang bagus di sekolahin gk lu …????
    EE lu Bagus ,,,,!!!! Pantek lu

  6. Cadolay berkata:

    Tarsius dan babirusa hanya ada disulawesi bro…itu hewan endemik pulau selebes..tidak ada dipulau lain..

  7. khalista berkata:

    jaga truz KELESTARIAN nya bro .. agar tdak punah

  8. pricilia berkata:

    ini gamarnya ga ada yg lucu jd susah gambar untuk bikin poster

  9. aduuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhh bingung nih jadianya ris kamu emang nyebelin iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii b

    by anisa tria

  10. Anonim berkata:

    ada deh salah satu hewan langka itu loh mirip dengan hati kamu

  11. candra berkata:

    terimaksih sya belh jga msuk ke forum hewan lngka saya ucapkan terimakasih bnyk dri mbh google ya saya ucap[kan terimaksih bnyk bgi yg membaca forum sya ini ya saya thank you
    tks. ya

  12. qolbunhadi berkata:

    pada geli liat gambarnyaa 😀

  13. satu jam berkata:

    thanks infonya min, sangat bermanfaat

  14. Jas koko berkata:

    jaga selalu kelestariannya, ini tanggung jawab kita semua

  15. iKomputer berkata:

    sangat memprihatinkan, mari kita jaga kelesatarian hewan tersebut.

  16. FARDHA berkata:

    THANKS Y ATAS INFORMASI’A

  17. Kultwit berkata:

    Izin jadi inspirasi gan buat penulisan juga….nanti link ke sini

  18. bersiap berkata:

    wah.. jadi tau banyak..

  19. lahiya berkata:

    ada beberapa yang sudah saya tau memang bakal punah, ada juga yg saya ga nyangka masuk kategori terancam punah, kaya ikan belida, singapuar dan musang

  20. mas bagus berkata:

    hmm . . . bikin mudah cari tugas anak ku . . . mksh ya

  21. Sadina berkata:

    Info yang bermanfaat. Terima kasih

  22. pahwana berkata:

    jadi terharu dengan kondisi hewan yang semakin punah
    semoga orang-orang yang memburu diberi kesadaran mengenai hal ini.

    Terima kasih infonya

  23. unknown berkata:

    kalo kom3n yg bagus,membangun.jgn mencela..klo 3mg perlu ad koreksi sampaikan dg cara yg baik..

  24. rosyid berkata:

    anoa ternyata langka ya? tak kira ngga .. terus semua hewannya hewan darat,,, aku pingin tau ada ga ya hewan laut yang hampir punah

  25. laksmi putri anugrah berkata:

    bagi yang punya hewan lanka ya ada di indonesia tolong dijaga yaaaa…..

  26. L berkata:

    lestarikan jaga hewan”..

    nice info

  27. kania d.p.p berkata:

    kalau ga lucu udah aja jangan milih centil

  28. Hosting berkata:

    Meskipun demikian, semoga artikel singkat tentang daftar tumbuhan dan hewan langka di Indonesia ini dapat memberikan gambaran awal tentang berbagai spesies yang kelestariannya semakin terancam di Indonesia.

  29. Ibn Danish berkata:

    Untuk azamku.com, tolong comment sectionnya pake akismet spam filter -> agar comment-comment yang buruk bisa ke filter

  30. gulalives berkata:

    singapuar ini mirip kus-kus ya. kasihan sekali hewan seperti terancam punah. selain predator, yang bikin punah kayanya manusia ya..

  31. ruang sehat berkata:

    Singapuar satu marga ama kus kus ya? kok mirip bener?

  32. Andhyka berkata:

    Trims ya atas infonya ini, yg ga simpatik ga usah komen ya…!!!

  33. teddy berkata:

    hewan hewan ini sangat langkanya

  34. peluang usaha berkata:

    sayang sekali, karena ulah manusia yang serakah, kelangsungan hidup mereka terancam punah.

  35. Putri yasmin berkata:

    Hewan – hewan ini sangat langka

  36. batik berkata:

    babi ngepet gak masuk ya??
    padahal keberadaannya hampir punah 😀

  37. pojokshare berkata:

    klo tarsius sih masih banyak di hutan belakang rumah gw..
    apa lagi malam2 sering bgt gw liat gerombolan tarsius lagi cari makan di dahan2 pohon sawo belakang rumah gw

  38. Orlando berkata:

    oke

  39. alya berkata:

    Artikel ini seolah pahlawan untuk tidak memburu sembarangan jika ke 10 hewan tersebut tak mengganggu manusia. Thanks min…

  40. budy berkata:

    terimakasih infonya mas. sangat bermanfaat

  41. sahabatnesia berkata:

    Negenes banget eh, dulu anoa tidak langkah 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*